bagikan
Bupati Tebo, H. Sukandar (tengah), wakil Bupati, Syahlan Arfan (kiri) dan ketua Tim Satgas Korsupgah KPK wilayah II, Aida Ratna Julaih/ft.Ist

TEBO, jambiotoritas.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dari TIm Koordinasi supervisi dan pencegahan difasilitasi Inspektorat kabupaten Tebo, Rabu (15/5/2019) melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi tindak lanjut program pemberantasan korupsi terintegrasi, di aula Melati kantor Bupati Tebo.

Sementara itu Bupati Tebo, H. Sukandar menyatakan kegiatan tim KPK di Tebo hari ini merupakan tindaklanjut pertemuan pada bulan Februari 2019 lalu, di provinsi Jambi. Karena progres capaian tindak lanjut pencegahan korupsi, ada pada OPD. Pertemuan ini untuk memfinalkan sejauh mana perbaikan dari kelengkapan dokumen, data dan lain – lain. Ini adalah tugas dari masing – masing OPD, apakah sudah ada tindaklanjutnya.

” Skor kita akhir November 2018 lalu, kabupaten Tebo pada tindakan pencegahan korupsi berada diposisi rangking 10. Tadi sudah disampaikan oleh para OPD dan ternyata sudah ada tindaklanjut perbaikannya, bila data dan kelengkapan diinput dari masing – masing OPD. Mudah – mudahan ada perbaikan peringkat untuk kabupaten Tebo,” kata Sukandar.

Dikatakan Sukandar bahwa target pemerintah kabupaten Tebo minimal meningkat di posisi ke lima dalam proviinsi Jambi. Meskipun ada kendala dalam masalah sistem aplikasi dan masalah Sumber Daya Manusia pada Inspektorat yang belum memiliki kompetensi seperti yang disyaratkan KPK.

” Tadi sudah kita sampaikan dalam closing statement penutupan rapat hari ini. Minimal ada perbaikan target kita peringkat tiga, atau minimal diposisi ke lima ditingkat propinsi Jambi,” katanya.

Terpisah Plt. Inspektur kabupaten Tebo H.Setoyoko mengatakan arahan dari tim korsupgah merupakan hal yang harus ditaati semua Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemerintah kabupaten Tebo.

“ Korsupgah KPK menyarankan agar semua kegiatan roda pemerintahan yang dilaksanakan penyelenggara negara dilingkup Pemkab Tebo berjalan sesuai dengan prosedur. Itu pesan yang ditangkap dalam rapat koordinasi bersama tadi,” ucap Setyoko.

Diketahui bahwa kegiatan Korsupgah KPK di kabupaten Tebo, dilaksanakan satuan tugas, Korsupgah KPK wilayah II, diketuai Aida Ratna Julaih bersama anggota tim Ardiansyah dan Suhendri. Tampak kegiatan tersebut di ikuti Bupati Tebo H.Sukandar,S.Kom, Wakil bupati, Syahlan Arfan, SH, Sekda Tebo, Drs.  Teguh Arhadi, MM, para staf ahli, para asisten, kepala OPD dan instansi lainnya dilingkup Pemkab Tebo.(red/da/adv)