bagikan

Kemenpan Deadline Akhir Juni Penyampaian Usulan Formasi, September Proses Penerimaan CPNS

Sekretaris BKPSDM, Suwarto,/ft. Jambiotoritas

TEBO, Jambiotoritas.com – Pemerintah kabupaten Tebo tengah mempersiapkan kebutuhan formasi penerimaan CPNS tahun 2019. Pengiriman usulan formasi sesuai deadline kementrian pendayagunaan aparatur negara akan dikirim pada akhir Juni 2019 ini.

Menurut kepala BKPSDM kabupaten Tebo, melalui sekretaris BKPSDM, Suwarto, SE. MM mengatakan secara umum jumlah kebutuhan pegawai ASN kabupaten Tebo mencapai 8000 orang. Saat ini masih terjadi kekurangan pegawai sebanyak 4000 orang. 

” Makanya secara bertahap kita berusaha memenuhi kekurangan ASN ini. Usulan formasi dideadline Kemenpan, akhir Juni. Usulan yang bakal kita sampaikan bisa mencapai 500 formasi,” ungkap Suwarto, Selasa (24/6/2019).

Tetapi usulan formasi yang disampaikan ini masih dalam proses pengolahan belum diputuskan bupati. Kita berharap nanti usulannya yang kita sampaikan dapat disetujui pusat.

” Minimal mungkin sekitar tiga ratusan. Prioritas daerah masih pada tenaga kesehatan dan pendidikan. Jika sudah ada persetujuan formasinya, nanti paling lambat antara bulan September 2019 sudah diproses penerimaannya,” katanya.

Dikatakannya bahwa sesuai dengan aturannya. Penerimaan kali ini akan diprioritaskan 70 persen untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) selebihnya 30 persen rekrutmen penerimaan pegawai ASN.

Banyak Pensiun
Berdasarkan data BKPSDM kabupaten Tebo, tahun ini (2019) ada sekitar 117 ASN yang memasuki pensiun. Sebahagian besar pegawai yang pensiun sampai Desember nanti di dominasi guru SD dan SMP mencapai 112 orang, dan sisanya tenaga teknis.

Masih dikatakan Suwarto bahwa antisipasi pensiun guru terhadap kekosongan tenaga pengajar tersebut merupakan kewenangan dinas pendidikan dan kebudayaan. BKPSDM dalam hal ini hanya memproses pengawai dan lainnya.

Selain itu, kata Suwarto, ada dua pejabat eselon II yang memasuki pensiun bulan ini. Keduanya itu, sekretaris Inspektorat dan sekretaris pada dinas pendidikan dan kebudayaan.

” Kalau pengisian kekosongan jabatan sekretaris Inspektorat sedang dalam proses, tinggal kewenangan penentuan oleh pak bupati. Sementara untuk sekretaris Dikbud masih proses pembahasan belum pada tahapan usulan,” katanya.

Terpisah, sekretaris Inspektorat kabupaten Tebo, juga merangkap Plt. Inspektur, H. Setyoko, M.Si menyatakan masa dinasnya tinggal empat hari kedepan. Per tanggal 1 Juli 2019, sudah memasuki masa pensiun.

” Masa dinas saya tinggal empat hari lagi. 1 Juli sudah pensiun, mohon do’anya, ya,” ucap Setyoko dijumpai usai sidang paripurna di DPRD Tebo, Selasa (25/6/2019) siang. (red. JOS).