bagikan
Anggota DPR Fraksi PDIP Puan Maharani memberikan keterangan pers di Ruang Fraksi PDIP DPR, Jakarta, Selasa (1/10/2019)?ft. Ist

Jambiotoritas.com, JAKARTA – DPR RI telah menggelar rapat pengganti, rapat Badan Musyawarah untuk menentukan jumlah fraksi di DPR RI periode 2019-2024. Hasil rapat menyepakati bahwa terdapat 9 fraksi di DPR RI.

“Untuk menetapkan fraksi-fraksi di DPR RI dengan kata lain dapatlah barangkali kalian sudah tahu itu ada 9 fraksi,” kata pimpinan sementara DPR RI Abdul Wahab Dalimunthe di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, (1/10/2019).

Untuk Ketua DPR menurut Abdul, PDIP mengajukan nama Puan Maharani, sementara untuk wakilnya Golkar mengajukan Aziz Syamsuddin, Gerindra memberikan Nama Sufmi Dasco Ahmad, NasDem mengajukan Rahmat Gobel. Sementara untuk PKB, kata Ketua Fraksi Cucun Syamsrijal mengajukan nama Muhaimin Iskandar. ” Nanti yang ambil sumpahnya Ketua Mahkamah Agung,” katanya.

Selain itu menurutnya rapat juga menetapkan Ketua dan Wakil Ketua DPR RI mendatang yang akan langsung dilantik malam ini. “Lalu ketiga menetapkan tanggal pengambilan sumpah janji ketua definitif untuk seterusnya,” katanya.

Ia mengatakan 5 pimpinan DPR akan diambil sumpahnya dalam rapat paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa pada pukul 19.00 WIB.

” Nanti malam jam 19.00 WIB ada rapat paripurna untuk ambil sumpah janji ketua DPR yang definitif,” katanya.

Sumber : Suara Pembaruan