bagikan

Jamuan makan pagi gubernur Jambi bersama Sekjed Karnas, Bachtiar dirumah dinas Gubernur Jambi, Kamis (23/1/2020)


Jambiotoritas.com, JAMBI – Perkemahan Wirakarya Nasional direncanakan dilangsungkan di dua lokasi Bumi perkemahan Sungai Gelam Abdul Rahman Sayoeti, kabupaten Muaro Jambi dan Bumi Perkemahan kabupaten Batanghari. Dijadwalkan pelaksanaan pada 24 Oktober hingga 4 November 2020 mendatang. Salah satu bentuk kesiapan Pemerintah Provinsi Jambi ditunjukkan dengan pengalokasikan dana Rp.5,8 miliar untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar, M.Hum menyatakan sebagai tuan rumah, provinsi Jambi siap menyukseskan program lima tahunan Kwarnas. Nantinya, Bumi Perkemahan di Sungai Gelam dan sub camp kegiatan PW Nasional ini juga direncanakan dilaksanakan di Kabupaten Batanghari.

”Saya sampaikan bahwa Jambi merupakan provinsi yang sedang berkembang dan memerlukan dukungan dari pusat terutama dalam dukungan pembiayaan. Dan direncanakan kegiatan ini selain di Bumi Perkemahan di Sungai Gelam dan sub camp kegiatan PW Nasional ini juga direncanakan dilaksanakan di Kabupaten Batanghari. Untuk penunjukan dan kepastian Kwarnas sangat diperlukan, sehingga Kabupaten Batanghari dapat mempersiapkan tempat dan lainnya. Karena tim Kwarnas telah tiga kali melakukan survei lokasi main camp dan sub camp PW-Nas ini,” ungkap Fachrori, kepada Sekjen Kwarnas Gerakan Pramuka, Mayjend (Purn) Dr.H.Bachtiar,S.IP,M.AP, Kamis (23/1/2020) pagi, di rumah dinas Gubernur Jambi.

Perkemahan Wirakarya (PW) Nasional adalah pertemuan Pramuka Penegak atau Pandega berbentuk perkemahan besar, dalam rangka mengadakan integrasi dengan masyarakat dan ikut serta dalam kegiatan pembangunan masyarakat. PW diselenggarakan oleh semua jajaran kwartir secara regular.

Sementara itu, Sekjend. Kwarnas Gerakan Pramuka Mayjend (Purn) Dr.H.Bachtiar, S.IP,M.AP menyatakan Kegiatan ini skopnya nasional dengan tujuan bagaimana melatih pemuda dan pemudi kita terkait pengabdian kepada masyarakat. kita melihat langsung persiapan Pemerintah Provinsi Jambi. Dan meninjau langsung lokasi bumi perkemahan serta prasarna dan sarananya.

“ Kehadiran kami di sini untuk meninjau persiapan perkemahan Wirakarya Nasional Tahun 2020, rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan di akhir bulan Oktober sampai minggu pertama November. Kita akan lihat lokasinya bersama Gubernur sebagai Kamabida Gerakan Pramuka Jambi, ” ucap Bachtiar.

Kakwarda Jambi H. Sudirman,SH,MH menyatakan Pemerintah Provinsi Jambi dan Kwarda terus melakukan persiapan untuk menyukseskan kegiatan PW Nasional ini. Gubernurdan mendukung penuh terlaksananya kegiatan ini nantinya.

” Gubernur Jambi memberikan kontribusi yang luar biasa. Beliau mengalokasikan dana Rp 5,8 miliar untuk kegiatan PW nasional yang dialokasikan untuk perbaikan sarana dan prasarana bumi perkemahan. Alhamdulilah, dari sejak Provinsi Jambi ditunjuk sebagai tuan rumah, kita sudah mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari,” jelas Sudirman yang kini menjabat Pj. Sekda ini.

Dikatakan dia, Kwarda berikan apresiasi kepada Kwarnas dan juga Pemerintah Provinsi Jambi terutama Bapak Gubernur yang telah memberikan dukungan kepada Kwarda Jambi. (red JOS)