bagikan

Masih menunggu penyaluran dari anggaran APBD Provinsi Jambi TA 2019 sebesar 3 milyar lagi

Jenis alat berat/foto Ilustrasi


Jambiotoritas.com, TEBO – Dinas pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR) kabupaten Tebo tahun 2020 ini menambah alat berat yang dikelola UPTD Alkal. Dari APBD kabupaten Tebo melalui Daftar Penggunaan Anggaran (DPA) dinas PUPR, dialokasikan anggaran sebesar 5 milyar untuk membeli ekskavator, Beckhoeloader dan Bomag, motor grader dan satu unit mobil Dump Truck.

” Dari APBD tahun ini, ada lima milyar kita alokasikan untuk membeli alat berat. Sekarang sudah masuk RUP,” kata kepala dinas PUPR Kabupaten Tebo, Drs. Erwanto, MM, Selasa (28/1/2020).

Menurut Erwanto, selain dari APBD kabupaten Tebo. Ada anggaran tambahan 6 milyar dari APBD provinsi Jambi yang rencananya akan dimanfaatkan untuk pengadaan empat unit alat berat, jenis Ekskavator dan Beckholoader, masing dua unit. Dikatakannya, bahwa anggaran pembelianya diperoleh dari APBD provinsi Jambi TA 2019, ini merupakan program bantuan per kecamatan untuk kabupaten Tebo yang tertunda penyalurannya tahun lalu.

” Kita ini, sifatnya menunggu dana bantuan APBD provinsi ini masuk ke kas daerah (Bakeuda) Tebo. Sekarang baru masuk 3 milyar, 3 milyar lagi menyusul. Nanti kalau sudah masuk semua, baru dapat diproses pembelian alatnya. Kalau belum disalurkan, macam mana kita mau belikan,” ucap Erwanto.

Proses belanja pembeliannya, kata dia, kita lihat dulu nanti sistem apa yang bisa digunakan. Apakah tender atau dengan sistem E – Katalog, lihat dulu dan tanyakan aturannya ke LPSE, bila dilakukan tender.

” Kalau melalui E – Katalog tentunya lebih aman dan cepat, barangnya juga langsung didatangkan. Kalau melalui tender nanti akan kita tanya ke LPSE, apakah bisa dilakukan tender,” katanya. (red JOS)

Penulis : David Asmara