Pemprov Jambi Perkuat Sinergitas Hadapi Covid – 19

waktu baca 2 menit
Rabu, 18 Mar 2020 11:23 0 141 jambiotoritas

Sejumlah perwakilan bupati dan wakil bupati beserta OPD kabupaten/kota dalam provinsi Jambi yang mengikuti rapat koordinasi bersama pemrov Jambi dan unsur Forkompinda provinsi Jambi, Selasa (17/3/2020) malam di auditorium rumah dinas Gubernur Jambi/foto JOS


Fachrori: Kerja sama lintas sektor harus ditingkatkan

Jambiotoritas.com, JAMBI – Pemerintah Provinsi Jambi menggelar rapat Koordinasi Komunikasi Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Jambi, bupati dan wali kota atau yang mewakili sebagai perwakilan dari Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota se Provinsi Jambi, termasuk Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten dan Kota, serta instansi vertikal. Rakor itu dipimpin langsung Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fahrori Umar,M.Hum, di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa (17/3/2020) malam.

Pemerintah provinsi Jambi menegaskan bahwa rapat tersebut merupakan upaya untuk memperkuat sinergitas Pemerintah Provinsi Jambi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota, TNI, Polri, dan seluruh pemangku kepentingan untuk menghadapi Covid-19, yang sudah ditetapkan WHO sebagai pandemi global.

Dalam pemaparannya, Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fahrori Umar,M.Hum menegaskan sekaligus mengajak semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan kerjasama lintas sektor dalam menghadapi ancaman wabah Covid-19.

“Saya berharap kita semua dapat melaksanakan peran kita sebaik-baiknya dan bersama-sama untuk mengatasi masalah Covid-19,” ujar Fachrori.

Menurut Gubernur bahwa, berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor: HK.01.07/Menkes/104/2020 tentang Penetapan Inveksi Novel Coronavirus (Infeksi 2019-nov) sebagai penyakit yang dapat menimbulkan wabah dan upaya penanggulangannya. Covid-19 telah ditetapkan sebagai penyakit yang berpotensi wabah di Indonesia, sehingga perlu dilakukan langkah- langkah penanggulangan, termasuk aspek komunikasi penanganannya.

“Komunikasi merupakan bagian terpenting dalam menghadapi ancaman wabah dengan membangun kepercayaan publik dan menjaga agar tidak terjadi kepanikan dalam masyarakat, sehingga penanganan dapat berjalan lancar. Presiden telah memberikan instruksi untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa pemerintah serius, siap dan mampu dalam menangani kejadian Covid-19 di Indonesia. Persepsi tentang kesiapan dan keseriusan pemerintah perlu disampaikan kepada publik melalui penjelasan komprehensif dan berkala dengan menjelaskan apa yang sudah dan akan dilakukan oleh pemerintah,” terang Gubernur Fachrori.

Fachrori menjelaskan, beberapa upaya telah dilakukan dalam meningkatkan kewaspadaan terhadap Covid-19, yaitu rapat koordinasi lintas sektor yang terlibat dalam cegah tangkal Covid-19 di Provinsi Jambi, pelatihan Tim Gerak Cepat, sosialisasi info terkait Covid-19, beserta surat eedaran termasuk distribusi APD (Alat Pelindung Diri) ke Rumah Sakit Raden Mattaher sebagai rumah sakit rujukan penderita Virus Corona yang telah ditetapkan oleh Menkes. (red JOS)

Penulis : Herman

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA