KPUD Tebo Laporkan Satu Partai Tak Lolos Verifikasi Faktual

bagikan
Rapat koordinasi KPUD Tebo bersama unsur forkompinda kabupaten Tebo di rumah dinas bupati Tebo, pada (20/10/2022)/foto JOS

JambiOtoritas.com, TEBO – Rapat koordinasi pelaksanan verifikasi faktual partai politik peserta Pemilu tahun 2024 oleh KPUD kabupaten Tebo dibuka Pj. Bupati Tebo H. Aspan S.T. di ruang makan VIP rumah dinas Bupati Tebo, Kamis (20/10/2022). KPUD menyatakan hanya 24 parpol yang telah lolos tahapan verifikasi administrasi sebagaimana yang telah diumumkan KPU pusat.

Menurut Ketua KPUD kabupaten Tebo, H. Basri menjelaskan bahwa KPU RI telah mengumumkan pendaftaran Partai Politik Jumat, 29 Juli 2022 s/d Minggu, 31 Juli 2022.dan proses ini tedapat 42 Partai Politik dan 8 Partai Politik Lokal mendaftar dan KPU RI yang dilanjutkan dengan pendaftaran Partai Politik disertai penyampaian dokumen pendaftaran oleh Partai Politik dalam kurun Senin, 1 Agustus 2022 – Minggu, 14 Agustus 2022. Dan dari tahapan ini terdapat 24 Partai Politik yang Lulus Verifikasi Administrasi.

Basri memaparkan, terhadap 24 Parpol tersebut, KPU RI melakukan Verifikasi Administrasi dokumen persyaratan Partai Politik sejak Selasa, 2 Agustus 2022 hingga Minggu, 11 September 2022.

” berdasarkan Putusan MK Nomor : 55/PUU-XVIII/2020 ada beberapa poin diantaranya adalah 9 Partai termasuk dalam Partai Parlemen threshold (PT) tidak dilakukan Verifikasi Faktual,” kata Basri.

Partai yang memenuhi PT tersebut PDIP, PKB, PPP, Nasdem, Demokrat, PAN, Gerindra, Golkar dan PKS. Sementara ada 9 partai Politik dilakukan Verifikasi Faktual yakni PBB, Buruh, Garuda, Gelora, Hanura, PKN, Perindo, PSI, Ummat. Untuk di kabupaten Tebo, kata Basri, hanya 8 Partai yang dilakukan Verifikasi Faktual di Tingkat Kabupaten Tebo, yaitu PBB, Buruh, Garuda, Hanura, PKN, Perindo, PSI, Ummat.

” satu partai yang tidak dilakukan Verifikasi Faktual Tingkat Kabupaten Tebo, adalah Partai Gelora karena tidak memenuhi Syarat keanggotaan di Tingkat Kabupaten Tebo,” katanya.

Rakor tersebut dihadiri oleh Anggota KPU Kabupaten Tebo, Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Tebo, Ketua DPRD Kabupaten Tebo, Kapolres Tebo, Dandin 0416 Bute, Kepala kejaksaan Negeri Tebo, Ketua Pengadilan Negeri Tebo, Sekretaris beserta staff KPU Tebo. (JOS) ***

Editor : David Asmara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *