Empat Pasang Cagub di Prediksi Bakal Ramaikan Bursa Pilgub Jambi

waktu baca 2 menit
Kamis, 11 Jun 2020 22:02 0 142 jambiotoritas
Direktur Pusakademia Jambi Mochammad Farisi berikan keterangan pers. ketika menyampaikan bursa Pilgub Jambi diprediksi diikuti empat pasang calon./foto Ist

JambiOtoritas.com, JAMBI – Setidaknya konstestasi politik pada pemilihan Gubernur Jambi akan menampilkan empat pasang calon gubernur dan wakil gubernur Jambi. Pusat Kajian Demokrasi dan Kebangsaan (Pusakademia) menyatakan empat pasang kandidattersebut adalah pasangan  Syarif Fasha – Asafri Jaya Bakri, Al Haris – Abdullah Sani, Fachrori Umar – Safrial, dan Cek Endra – Ratu Munawwaroh.

Pusakademia menanalisis dari pergerakan politik dari masing-masing bakal calon gubernur. Dalam situasi sekarang (pandemi COVID-19) pergerakan politik dari masing-masing bakal calon masih terus berjalan.

“ Dengan pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak yang akan dilaksanakan bulan Desember mendatang, hal tersebut masih terlalu beresiko. Karena secara psikologis penyelenggara pilkada di tingkat bawah merasa takut untuk berinteraksi karena khawatir dan takut tertular. Jika pilkada serentak tersebut tetap akan dilaksanakan, maka edukasi tentang pentingnya pilkada dilaksanakan harus dilakukan dengan lebih intensif,” kata Direktur Pusakademia Jambi, Mochammad Fairisi, Kamis (11/6/2020) dalam jumpa Persnya kepada wartawan di Jambi.

Bentuk edukasi yang dapat dilakukan, diantaranya dengan memperbanyak Memorendum of Understanding (MoU) atau kesepakatan dengan dinas pendidikan dan perguruan tinggi untuk menyisipkan materi tentang pemilu pada pelajaran atau mata kuliah kewarganegaraan dan Pancasila.

“ Bisa juga membentuk relawan edukasi dalam jaringan tentang kepemiluan yang bertugas mengedukasi masyarakat melalui media social. Dimana tujuan edukasi tersebut agar partisipasi masyarakat terhadap pemilihan kepala daerah tersebut tetap tinggi dan pilkada terselenggara secara berkualitas,”katanya. (red JOS)

Penulis ; Herman

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA