Tak Indahkan Protokol Kesehatan, Positif COVID Catat Rekor Baru

waktu baca 2 menit
Rabu, 10 Jun 2020 20:20 0 115 jambiotoritas
Corona virus deasese

JambiOtoritas.com, JAKARTA -Kasus positif corona di Indonesia kembali menyentuh rekor baru. Data terakhir yang dikeluarkan BNPB per hari ini, Rabu (10/6/2020), disebutkan bahwa terdapat peningkatan 1.241 kasus positif dari total 34.316 kasus.

Secara rinci, peningkatan kasus positif Covid-19 ini terjadi di 5 Provinsi Indonesia. Peringkat pertama diduduki oleh Jawa Timur dengan penambahan 273 kasus positif, diikuti Sulawesi Selatan dengan 189 kasus positif, DKI Jakarta 157 kasus positif, Jawa tengah 139 kasus positif, dan Kalimantan Selatan 127 kasus positif baru.

Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19, Dokter Achmad Yurianto mengatakan bahwa peningkatan kasus positif ini tidak terlepas dari upaya pemerintah dalam melalukan tracing yang sangat agresif.

“Kabar baiknya, 6 provinsi tidak melaporkan kasus positif sama sekali meski telah dilakukan tracing,” ungkapnya dalam konferensi pers di BNPB, Rabu (10/6/2020), seperti dilansir, Okezone.

Yuri menjelaskan, peningkatan kasus hari ini juga menjadi bukti bahwa masih terjadi penularan yang sangat masif di tengah masyarakat. Dalam arti lain, masih banyak orang yang sakit namun tidak melakukan isolasi dengan baik. Kemungkinan besar, masih banyak pula masyarakat yang belum menerapkan protokol kesehatan, jaga jarak, menggunakan masker, dan mencuci tangan.

“Semua ini harus diperhatikan untuk mengendalikan dampak dari Covid-19. Kalau kita ingin menekan dan mencegah penularan, maka disiplin dalam menerapkan protokol-protokol kesehatan tersebut. Terlebih kita sedang memasuki masa transisi New Normal,” katanya.(red JOS)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA