bagikan
Inspektur pembantu khusus, Evi Hanifa yang menangani laporan pengaduan dugaan penyimpangan pengelolaan DD desa Rantau Langkap/foto JOS



JambiOtoritas.com, TEBO – Inspektur pembantu khusus (Irbansus), Inspektorat kabupaten Tebo, Evi Hanifah menyatakan pemeriksaan para pihak dalam kaitannya dengan kasus dugaan penyimpangan pengelolaan anggaran Dana Desa (DD) Rantau Langkap tahun anggaran 2019 mendekati final. Hasil pemeriksaan akan disampaikan jelang lebaran haji nanti.

Diakuinya bahwa kedatangan warga Rantau Langkap, mempertanyakan laporan tindak lanjut hasil pemeriksaan atas laporan pengaduan mereka. Inspektorat dalam hal ini telah sampai pada tahapan penghitungan jumlah temuan kerugian keuangannya.

” kami sudah berproses, kita sudah minta keterangan para pihak. Sudah melihat SPJ, sudah cek fisik juga. Sekarang kami lagi penghitungan temuannya. Memang belum final,” kata Irbansus, Evi Hanifah, SH, Senin (20/7/2020) usai menerima sekitar 20 orang perwakilan warga Rantau Langkap.

Ada sebagian masyarakat membuat pernyataan tertulis tentang perangkat desa yang tidak dilibatkan dalam sistem pemerintahan desa. Itupun juga sudah dimintai keterangan kepada masyarakat.

” Sebagian dari perangkat desa memang tidak dilibatkan dalam sistem pemerintahan disana. Cuma kalau kepala desa berdiri sendiri, kita juga tidak tahu, sampai dimana kepala desanya berdiri sendirinya. Kan, tidak mungkinlah kades sendiri bekerja,” katanya.

Karena pemeriksaan masih berproses, kata Evi, tadi sesuai kesepakatan akhir bulan ini, sebelum lebaran haji ini kita akan tuntaskan pemeriksaan ini.

Dikatakannya untuk pemeriksaan kepala desa belum dilakukan. Jadwalnya, hari Rabu (22/7/2020). Pemeriksaan kepala desa dilakukan terakhir, dalam hal audit investigasi itu, yang terakhir itu memang sangat penting (terlapor) atau yang bersangkutan.

” Yang jelas Kadesnya yang kami kejar dulu untuk pemeriksaan lanjutannya. Untuk pemanggilan camat, mungkin nanti akan dipanggil juga,” katanya. (red JOS)

Penulis: David Asmara