Pj Bupati : Kekurangan Volume Jalan di Temuan BPK Kelalaian Dinas PUPR

waktu baca 2 menit
Senin, 5 Jun 2023 23:12 0 1912 jambiotoritas

Audit Proyek Jalan Temuan BPK, Secara Teknis Pondasi Jalan Memang Kurang

JambiOtoritas.com, TEBO – Temuan badan pemeriksa keuangan (BPK) di Dinas PUPR kabupaten Tebo yang mencapai 4 Miliar lebih menjadi pekerjaan rumah dinas PUPR melakukan penagihan ke rekanan. Menurut Pj bupati Tebo H. Aspan Menyatakan kelebihan bayar itu baru ketahuan setelah diaudit oleh BPK. Dia menegaskan hal itu jelas sekali merupakan kelalaian dari dinas PUPR.

“Ini akibat kelemahan konsultan pengawas. Kepada Konsultannya sudah kami ambil tindakan dan kepada rekanan sudah kami minta mengembalikan dalam waktu paling lama 60 hari setelah keluar hasil audit,” ucap Aspan, di gedung DPRD Tebo, Senin (5/6/2023)

Menurut Aspan, pasca temuan ini diserahjan sudah berjalan waktunya dua minggu. Ketika batas waktu 60 tidak mereka kembalikan, pihaknya akan menyerahkan masalah ini ke APH. Walaupun mereka (rekanan) nanti mengembalikan temuan itu, ada pasal yang menyatakan bahwa pengembalian temuan tersebut tetapi tidak menghilangkan tindak pidana.

“Konsultan kita berikan teguran, dan biasanya rekanan bersama konsultan mengembalikan temuan itu. Karena kelalaian konsultan juga,” kata dia.

Dikatakannya, dalam hal dan terulang kejadian kekurangan volume pekerjaan seperti temuan BPK tahun 2022 lalu.  Menurut Aspan, ini jelas terjadi ada kelalaian dari pihak dinas PUPR kabupaten Tebo. Dia menyebutkan pernyataan kepala bidang bina marga kekurangan volume disebabkan kendaraan warga tidak logis. 

“Biasanya sebelum pengaspalan ada uji sandcone (uji kepadatan) terlebih dahulu. Sebelum hasil uji kepadatan masuk, belum boleh dilakukan pengaspalan. Artinya itu memang pondasinya yang kurang, yang berakibat volume pekerjaan kurang, dan jadi temuan,” jelasnya.

Sementara itu kepala dinas PUPR kabupaten Tebo Hendri Nora ketika dikonfirmasi tidak menjawab. Dia tidak merespon tentang perusahaan atau rekanan konsultan pengawas terkait temuan pemeriksaan itu. (JOS) 

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA