Karhutla di Konsesi PT. ABT Dalam Penyelidikan Polisi

waktu baca 1 menit
Senin, 18 Sep 2023 10:40 0 647 jambiotoritas

JambiOtoritas.com, TEBO – Aparat Kepolisian Resor Tebo masih melakukan proses penyelidikan penyebab Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah konsesi PT Alam Bukit Tigapuluh (ABT). Tim penyidik belum bisa memastikan jumlah luas lahan yang terbakar tersebut, pasalnya saat ini masih dalam proses pendinginan.

Hal itu diungkapkan Kapolres Tebo, AKBP I Wayan Arta Ariawan, saat dikonfirmasi Senin (18/9/2023). “Kini proses lidik penyebab kebakaran, untuk luasnya masih menunggu pendinginan sekarang belum bisa dipastikan,” ujarnya.

Kata dia, memasuki puncak musim kemarau ini, dihimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar hutan dan lahan. Mengingat keseimbangan alam akan terganggu dan mengakibatkan bencana.

“Jika masyarakat tidak ikut peduli dengan lingkungan bahkan merusak alam. Kami dari Polres Tebo tidak segan segan untuk menindak tegas pelaku pembakaran hutan dan lahan,” tegasnya.

Diketahui, beberapa minggu terakhir ini kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Tebo kembali terjadi di wilayah PT ABT Desa Pemayungan Kecamatan Sumay, begitupun lahan kebakaran wilayah lainnya.

Informasi lain, bahwa sejak tiga hari lalu, lahan kawasan hutan produksi Kejasung di wilayah Desa Aburan Batang Tebo juga terjadi kebakaran. Hingga saat ini api masih disana masih berkobar belum tampak tim Satgas Karhutla turun ke sana. (JOS)

Penulis : David Asmara

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA