Partisipasi Aktif Masyarakat Awasi Penyelenggaraan Pilkada

waktu baca 1 menit
Rabu, 12 Jun 2024 22:51 0 336 jambiotoritas

JambiOtoritas.com, JAMBI – Peran serta masyarakat merupakan salah satu upaya untuk menjamin kesuksesan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di provinsi Jambi. Menurut anggota Bawaslu Provinsi Jambi Indra Tritusian mengatakan dibutuhkan partisipasi masyarakat untuk menjamin kesuksesan Pilkada ini. Masyarakat harus ikut aktif mengawasi tahapan penyelenggaraan Pilkada pada 27 November 2024 mendatang.

“Bawaslu memang memiliki peran penting dalam pengawasan, Pencegahan dan Penindakan, dimana fungsi pencegahan meliputi sosialisasi pengawasan partisipatif,” kata Indra di Jambi, Selasa (12/6/2024).

Tujuannya dalam aktif ini agar masyarakat tidak hanya terlibat dalam persentasi kehadiran dalam pencoblosan tetapi juga ikut aktif dalam mengawasi seluruh tahapan pemilihan, mulai dari awal.

Bawaslu mengajak masyarakat untuk turut mengawasi tahapan penyelenggaraan Pemilihan kepala Daerah yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang.

Dikatakannya meskipun Bawaslu memiliki struktur pengawasan hingga ke wilayah desa dan kelurahan. Namun struktur itu dipandang tidak cukup dan butuh partisipasi aktif dari masyarakat untuk ikut mengawasi dan memantau seluruh tahapan pelaksanaan pilkada 2024.

“Secara subtansi suksesnya pilkada merupakan kerjasama, tidak hanya dari pihak penyelenggara tetapi juga masyarakat luas,” katanya. (JOS)

Editor : David Asmara

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA