Produksi Program Mina Padi Tebo Tembus 52 Ton

waktu baca 2 menit
Kamis, 2 Mei 2019 22:55 0 139 jambiotoritas
Program Mina Padi di desa Cermin Alam kabupaten Tebo seluar 19 hektar tahap panen/ft. Jambi Otoritas

TEBO,jambiotoritas.com – Program Mina padi di desa Cermin Alam, kecamatan VII Koto Ilir kabupaten Tebo, Jambi seluas 19 hektar siap di panen ikan Nila. Keberhasilan program ini akan menjadikan kabupaten Tebo sentra produsi ikan nila di provinsi Jambi. Memasuki masa panennya sekarang hasilnya produksinya sudah melebihi kebutuhan masyarakat kabupaten Tebo.

” Saya kira untuk saat ini untuk pemenuhan konsumsi masyarakat di kabupaten Tebo sudah berlebih. Tinggal kita mencari potensi pasarnya, memang masyarakat banyak yang belum tahu kalau program ini sudah berhasil,” kata kepala dinas perkebunan, perikanan dan peternakan kabupaten tebo, H. Casdari, Kamis (2/5/2019).

Menurut dia, produksinya sudah berlebih kalau hanya untuk pemenuhan kebutuhan konsumsi masyarakat sehari-hari. Bahkan sudah mampu memenuhi kebutuhan selama bulan puasa hingga idul fitri mendatang.

” Produksinya diperkirakan mencapai 52 ton ikan nila. Hasil ini diharapkan dapat memenuhi pasar potensial daerah-daerah didalam provinsi Jambi nantinya. Selama pasokan ikan nila banyak didatangkan dari Sumatera barat,” katanya.

Dikatakannya bahwa Balai Penelitian Air Tawar (BPAT) Jambi melalui belanja hibah pemerintah pusat melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) menggelontorkan bantuan untuk kelompok tani masyarakat desa Cermin Alam. Benih ikan nila 385 ribu ekor, 38 ton pakan dan kerambah jaring, pada Desember 2018 lalu.

” Penebaran benih ikan nila dibulan Januari 2018 lalu, hasilnya sangat memuaskan, setelah padi sawah dipanen saat ini ikan nilai pun siap dipanen, “kata Casdari.

Bahkan, kata Casdari, melihat keberhasilan kelompok tani di Cermin Alam. Tahun 2019 ini, dipastikan pemerintah kabupaten Tebo kembali mendapat bantuan hibah program mina padi dari pemerintah pusat di lokasi yang berdekatan untuk lahan seluas 7 hektar.(red01 JOS)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA