Bintek Pembuatan LMB, Penuhi Kebutuhan Ternak

waktu baca 3 menit
Kamis, 22 Agu 2019 23:25 0 255 jambiotoritas
Peserta bintek LMB di peternakan kelompok Tani Sujses Bersama desa kebon IX Sungai Gelam/ft. Suheri, Jambi otoritas

Jambiotoritas.com, Muaro Jambi – Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi Jambi bersama Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Muaro Jambi melaksanakan bimbingan teknis sehari di peternakan sapi, di RT 15 Dusun Teng II, Desa Kebon IX Kecamatan Sungai Gelam kabupaten Muaro Jambi, Rabu (21/8/2019). Sedikitnya kegiatan sehari itu diikuti 15 orang peserta, terdiri Kelompok Tani dan Peternak dibeberapa desa di wilayah kecamatan Sungai Gelam.

Kepala dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan provinsi  Jambi melalui kepala bidang Peternakan, Herva Suardi mengatakan kegiatan ini akan memberikan bimbingan teknis tentang mengelola sumber daya alam untuk pembuatan dan pengawetan pakan ternak sapi dan kambing dari tanaman hijauan berupa lamtoro dan tanaman lainnya. Menurutnya kegiatan ini dilaksanakan agar para peternak  bisa memanfaatkan potensi tanaman hijauan yang ada disekitar lokasi peternakannya. 

” Dengan pemanfaatan teknologi pertanian dalam proses mengelola pakan pokok dan pakan tambahan bagi ternak sendiri. Kedepannya diharapkan petani atau peternak dapat mengoptimalisasi kebutuhan pakan ternak dalam kondisi cuaca apapun hingga dapat mencapai hasil maksimal,” katanya.

Dikatakannya bahwa kegiatan seperti ini terus dilaksanakan untuk membantu petani dan peternak agar mendapat hasil optimal, seperti yang sudah dilaksanakan dikabupaten Merangin dan Sarolangun.

Dalam pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Muaro Jambi, diwakilkan Kabid. Peternakan, Ir. Teguh Sardianto menyatakan Bintek yang dilakukan membantu Peternak dalam memperoleh makanan tambahan, serta menambah kebutuhan pakan ternak dari pemakaian hijauan. Karena tanaman hijauan di lokasi peternakan jumlahnya terbatas.

” Untuk memenuhi kebutuhan ternak akan protein, mineral dan bahan bahan penambah energy lainnya, seperti konsentrat maka di buatlah  Lamtoro Mineral Blok (LMB),” ujar Teguh.

Pemerintah kabupaten Muaro Jambi, kedepannya berencana mengadakan bintek lanjutan. Supaya nanti dapat menciptakan petani dan peternak yang tangguh dan mandiri, khususnya kabupaten Muaro Jambi 

Sementara itu, pemilik peternakan,  M. Yusuf atau  Yus Hernawan mengatakan dirinya mengundang pihak  dinas Provinsi Jambi dan dinas kabupaten Muaro Jambi. Supaya kemampuan dan peternak diwilayah sungai gelam dapat ditingkatkan dalam pengelolaan dan pengolahan pakan ini.

” Kita ingin meningkatkan kapasitas kemampuan peternak agar mereka mengetahui dan mengerti dalam pengolahan dan pengelolaan pakan ternak dengan memanfaatkan potensi yang ada di sekitar lokasi kandang peternakan. Alhamdulillah sekarang di lokasi kita ini, peternakan rakyat pada kelompok tani Sukses Bersama, dipercaya menjadi tuan rumah bintek Pembuatan Lamtoro Mineral Blok (LMP),” ucap Yus.

Sementara itu, peserta Bintek tampak antusias mengikuti materi yang disampaikan. Banyak pertanyaan diajukan peserta, terkait pembuatan dan pemanfaatan pakan tambahan ternak sapi dan kambing, seperti yang diajukan peserta Bintek Solihin, Effendy dan Suheri. Bimbingan Teknis itu dihadiri pemateri Dr.Yatno M.Phd dari Universitas Jambi, sekaligus tutor pembuatan pakan dari bahan yang menggunakan daun Lamtoro dan campuran konsentrat.

Untuk pembuatan Lamtoro Mineral Blok, menurut Dr. Yatno M. Phd dibutuhkan bahan – bahan berupa tepung daun lamtoro, daun gamal, tepung daun ubi kayu, tepung daun Sengon, Molases, onggok limbah pengolahan ubi kayu, garam dapur, mineral MIX, urea, semen dan air yang kemudian diolah dengan menggunakan takaran tertentu. (red.JOS)

Penulis : Suheri

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA