bagikan
Suasana pasar tradisional menjelang bulan ramadhan/foto Ist

JambiOtoritas.com, TEBO – Survey harga dilakukan dinas Perindagnaker Tebo disemua pasar yang ada pada setiap kecamatan. Tujuannya untuk mendapatkan data langsung mengenai stabilitas dan lonjakan harga kebutuhan pokok menjelang datangnya bulan ramadhan 1444 H tahun 2021 ini.

Menurut kepala dinas perindustrian perdagangan dan tenaga kerja, Nuhasanah mengatakan berdasar pantauan tim satgas pangan kabupaten Tebo terdiri dari Pemda, polres, koramil turut didampingi camat serta lurah setempat. Harga kebutuhan pokok dipasar Rimbo bujang ada kenaikan beberapa jenis komoditas. Terpantau hari ini, harga cabe dan daging ayam terjadi kenaikan. Tetapi persentase kenaikan yang terjadi tidak terlalu signifikan.

” Kita baru saja survey harga dipasar kecamatan Rimbo bujang. Biasanya menjelang ramadhan terjadi lonjakan harga terhadap kebutuhan pokok. Dijadwalkan semua pasar dalam wilayah kabupaten akan dilakukan pemantauan harga,” katanya.

Dikatakannya, jika terjadi lonjakan harga yang tinggi, pihaknya akan melakukan upaya menekan laju kenaikan harga -harga Sembako tersebut. Hanya saja, sejauh ini harga kebutuhan pokok di kabupaten Tebo masih stabil.

” Saat ini survey kita lakukan disemua pasar yang berada diwilayah kecamatan dikabupaten. Fokus pemantauan pada harga daging, gula, beras, minyak goreng, dan bawang. Bila terjadi lonjakan harga, kita akan melakukan operasi pasar untuk menstabilkan harga komoditas ini,” ucapnya.

Khusus kebutuhan daging lokal stocknya cukup. Kata Nurhasanah, hanya dikabupaten tidak ada stock ketersedian daging beku. Kalau memang dibutuhkan pemenuhan daging beku akan diajukan ke provinsi. (JOS)

Penulis : David Asmara