Lempar Jumrah 13’Dzulhijjah Sepi Jamaah

waktu baca 2 menit
Selasa, 12 Jul 2022 08:46 0 532 jambiotoritas
Jamaah haji asal Jambi dari kiri ke kanan, Ahmad Bekti, Ferry Prayitno, M Nuh, Rusli Adam, Eko

JambiOtoritas.com, Mekkah – Sesuai jadwal, dimana jamaah haji yang melaksanakan Nafar Tsani, hari ini 13 Dzulhijjah 1443H melakukan lempar jumroh terakhir di Jamarat Mina. “Alhamdulillah kami dari Rombongan 3 Kloter BTH 11 Kota Jambi telah melempar jumroh Ula, Wusrha dan Aqabah terakhir, dan situasi di lokasi jamarat sudah sepi jamaah dibanding tiga hari sebelumnya,” kata Ahmad Bekti, Jamaah Haji berusia 29 tahun dari Kota Jambi kepada Jambiotoritas, Selasa 12 Juli 2022.

Ibadah haji adalah ibadah jamaah yang dilaksanakan pada waktu yang sama di tempat yang sama. Dimulai dari persiapan ibadah haji (tarwiyyah) di Mina pada tanggal 8 Dzulhijjah. Dilanjutkan dengan wukuf di Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah, dimulai menjelang matahari tergelincir (zawâl) hingga terbenam (ghurûb). Dilanjutkan dengan mabit (menginap) di Muzdalifah pada malam harinya. Kemudian dilanjutkan dengan jumrah Aqabah pada tanggal 10 Dzulhijjah dan tahallul di Mina.

Khusus jamaah haji dari Provinsi Jambi tergabung dalam Maktab 11 di Mina. “Pelaksanaan pelemparan Jumroh, kita ambil Nafar Tsani untuk Provinsi Jambi,” kata Pembimbing Haji dari KBIHU, Haji Muhamad Nuh

Dijelaskannya, untuk mabit dan jumrah Ula, Wustha dan Aqabah pada tanggal 11 dan 12, bagi yang ingin meninggalkan Mina pada tanggal 12 Dzulhijjah (Nafar Awwal). Sementara tanggal 11, 12 dan 13 bagi yang ingin meninggalkan Mina pada tanggal 13 Dzulhijjah (Nafar Tsâni).

“Pagi ini kita melakukan lempar jumroh terakhir pada hari ini 13 Dzulhijjah, dan kembali ke hotel 205 di kawasan Syisyah, untuk melanjutkan besoknya untuk Thawaf Ifadhah dan Sa’i di Masjidil Haram” ungkap Pengurus KBIHU Al Manar Jambi.

Terakhir, rangkaian ibadah haji dilanjutkan dengan thawaf Wada sebelum berangkat ke Madinah, untuk melaksanakan Shalat Arbain si Masjid Nabawi. Dengan demikian berakhirlah rangkaian dan selesailah sudah ibadah haji seseorang. (JOS)

Kontributor : Ferry F

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA