4 OPD Sidak Pembanguan Pabrik PT.ISSM di Lubuk Mandarsah

bagikan
Kondisi proyek pembangunan pabrik PT. ISSM di desa Lubuk Mandrasah kecamatan Tengah Ilir kabupaten Tebo provinsi Jambi/foto Ist

JambiOtoritas.com, TEBO – Beberapa Organisasi Perangkat Daerah pemerintah kabupaten Tebo melakukan sidak kegiatan pembangunan pabrik milik PT. Inti Sawit Sejahtera Makmur (ISSM) diwilayah Desa Lubuk Madrasah Kecamatan Tengah Ilir, kabupaten Tebo, pada Rabu(13/9/2022). Hal itu terkait laporan serikat pekerja Indonesia Tebo ke dinas Perindagnaker kabupaten Tebo bahwa PT.ISSM terindikasi telah mengakangi peraturan ketenagakerjaan karena membayar upah dibawah UMR dan mengesampingkan keselamatan pekerja dilokasi pembangunan yang sedang berjalan.

Selain itu, masyarakat sekitar areal perusahaan merasa heran lantaran kegiatan pembangunan pabrik kelapa sawit PT. ISSM semenjak pembangunan tahun 2015 hingga saat ini 2022 belum juga rampung pekerjaan pembangunannya.

Terkait persoalan pembangunan pabrik itu, sekretaris dinas perikanan peternakan dan perkebunan, Riswan Pasaribu Sekretaris Dinas Perkebunan dan perternakan Kabupaten Tebo membenarkan bahwa dinas Kannakbun dan beberapa dari dinas perizinan,dinas ketenaga kerjaan telah melakukan sidak ke PT ISSM.

” Iya benar tadi kami sidak ke PT.ISSM dengan beberapa rekan dari dinas erkebunan, perizinan, Lingkungan Hidup dan ketenaga kerjaan, ” ungkapnya.

Di lokasi perusahaan terlihat sedang ada pekerjaan proyek pembangunan pabrik dan beberapa pekerja sedang bekerja. Inventarisasi dilapangan ditemukan ada masalah dukungan lahan dan Perijinan lainnya.

” Kami mendesak pihak manajemen untuk mempercepat progresnya, mintak izinya segera diperbarui sesuai SOS, itu juga dari kami dari dinas perkebunan perusahaan dukungan lahannya harus ada,” Riswan. Laporan rinci temuan dilapangan masing – masing dari dinas yang turut sidak akan dilaporkan secara tertulis pada Pj Bupati Tebo. (JOS)

Editor : David Asmara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *