Dandim 0416/Bute dan Kapolres Bungo Razia Gabungan PETI Sekitaran Bandara Bungo

waktu baca 2 menit
Jumat, 24 Mei 2024 17:36 0 400 jambiotoritas
Dandim 0416/Bute Letkol Inf Arief Widyanto bersama Kapolres Bungo AKBP Singgih Hermawan menggunakan perahu karet menyusuri sungai diwilayah seputaran bandara Bungo dalam Razia PETI, Jum’at (24/5/2024)/foto Ist. Pendim Bute

JambiOtoritas.com, BUNGO – Penambangan Emas Tanpa Ijin (PETI) diwilayah seputaran bandara Bungo marak beroperasi meskipun berulangkali dilakukan penertiban. Namun tetap saja pelaku PETI tersebut nekat menjalankan kegiatan yang merusak lingkungan disana. Dandim 0416/Bute Letkol Inf. Arief Widyanto, S.E., M.Han, bersama Kapolres Bungo AKBP Singgih Hermawan, S.I.K., M.A.P., memimpin razia Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) di sekitar Bandara Muara Bungo pada Jumat (24/5/2024).

Dalam razia tersebut, tim gabungan TNI-Polri dan Satpol PP berhasil menemukan dan menyita sekitar 15 unit rakit dan mesin dompeng yang digunakan untuk aktivitas PETI. Sementara para pelakunya kabur. Alat-alat tersebut langsung dimusnahkan di lokasi oleh tim gabungan sebagai bentuk penegakan hukum dan pencegahan terhadap penambangan ilegal di masa depan.

Menurut Dandim 0416/Bute, Letkol Inf Arief Widyanto menyatakan razia ini merupakan komitmen TNI dalam menjaga kelestarian lingkungan dan memastikan bahwa tidak ada aktivitas ilegal yang merugikan masyarakat dan lingkungan.

” Kami akan terus melakukan operasi seperti ini hingga aktivitas PETI benar-benar dihentikan,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolres Bungo, AKBP. Singgih Hermawan mengatakan bahwa kolaborasi antara TNI dan Polri sangat penting dalam memastikan keamanan dan ketertiban di wilayah Bungo.

“Kerjasama ini akan terus kami tingkatkan untuk memastikan wilayah kami bebas dari aktivitas penambangan ilegal yang merusak lingkungan,” ujar Singgjh.

Dilain pihak warga sekitar Bandara Muara Bungo menyambut baik operasi ini dan berharap agar tindakan tegas terus dilakukan untuk mencegah kembali maraknya aktivitas PETI. Mereka merasa lebih aman dan terlindungi dengan adanya tindakan nyata dari pihak TNI-Polri.

Razia ini diharapkan dapat memberikan efek jera kepada para pelaku PETI dan membantu menjaga kelestarian lingkungan serta keselamatan masyarakat di Kabupaten Bungo. (JOS) *

Editor : David Asmara

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA