Datsatgas : Asap di Kota Jambi Kiriman dari Bayung Lincir

waktu baca 2 menit
Jumat, 16 Agu 2019 21:07 0 224 jambiotoritas
Kondisi kabut asap dikota Jambi yang makin tebal, Jum’at (16/8/2019)/ft. Jambi otoritas

Jambiotoritas.com, JAMBI – Asap tebal bercampur abu yang menyelimuti kota Jambi, Jum’at (16/8/2019) akibat kebakaran hutan dan lahan dinyatakan bukan dari provinsi Jambi. Menurut Komandan Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Dansatgas Karhutla), Kolonel Arh Elphis Rudy menjelaskan bahwa untuk kabut asap yang melanda Kota Jambi bukanlah asap dari Karhutla yang ada di Provinsi Jambi. Melainkan, dari daerah Bayung Lincir, Provinsi Sumatera Selatan.

Dikatakannya bahwa untuk luasan lahan yang terbakar dari bulan Januari hingga tanggal 15 Agustus 2019 berjumlah 340 hektar lahan. Hal itu jauh menurun dibandingkan dengan tahun 2015.

Dilansir sebelumnya, kabut asap mulai menyelimuti udara dalam kota Jambi. Kondisi demikian, mulai terasa sejak sepekan lalu. Menurut warga pasar kota Jambi, sejak seminggu lalu, udara di kota Jambi sudah diselimuti kabut asap. Kondisi hari ini, sudah semakin menebal.

” Asap ini sudah kami rasakan semenjak seminggu yang lalu. Tapi hari ini (Jum’at) pagi, sudah semakin pekat.,” kata Joni, warga pasar kecamatan pasar Jambi, kota Jambi, Jum’at (16/8/2019).

Dikatakannya, dengan semakin tebalnya kabut asap dalam kota Jambi. Masyarakat sudah tidak lagi menghirup udara segar, bahkan nafas sudah terasa sesak kalau berada diluar rumah.

” Kalau keluar rumah harus makai masker. Jika tidak nafas terasa mulai sesak. Kondisi udara sekarang juga sudah bercambur abu api,” ujarnya. (red JOS)

Penulis : David Asmara

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA