bagikan
Pijariani Mutiara Putri
(Mahasiswi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Jambi)

Masyarakat merasakan pandemi covid-19 telah membawa dampak yang luar biasa, terutama dibidang ekonomi. Dampaknya bagi perekonomian masyarakat ternyata cukup signifikan.

Bagi masyarakat yang bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pekerja kantoran tetap bisa melakukan pekerjaan dari rumah (Work From Home). Mereka tetap mendapatkan gaji setiap bulannya.

Lain halnya, dirasakan bagi masyarakat yang berprofesi sebagai pekerja swasta dan di sektor informal. Ada di antara mereka di PHK karena perusahaan bangkrut. Lebih miris lagi sektor informal, mereka terpaksa menutup usahanya. Semua berdampak pada, kehilangan pekerjaan dan penghasilan.

Seorang pebisnis tentu menginginkan usahanya sukses dan tetap survive di tengah pandemi covid-19 ini. Ada kiat-kiat tertentu agar bisnis tetap survive walaupun di landa badai pandemi ini.

Mari kita coba ulasan kiat-kiat tersebut, dengan harapan bisnis anda tetap survive.

Pertama, Miliki kepercayaan diri dan kemandirian yang tinggi.
Setiap pebisnis harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Setiap bisnis apapun yang dilakukan tentu memiliki faktor risiko. Tanpa kepercayaan diri tentu bisnis tidak dapat berjalan, dikarenakan tidak berani menanggung risiko.
Bila sudah memiliki kepercayaan diri, dengan modal yang kecil pun sudah bisa memulai usaha. Seorang pebisnis harus memiliki mental wirausaha dan kemandirian tinggi, sehingga tidak bermalasan untuk menjalankan usahanya.


Mental wirausaha menjadi begitu penting, karena dalam menjalankan roda usahanya tentu seorang pebisnis akan mengalami berbagai permasalahan, sehingga siap jatuh bangun dalam membangun bisnisnya. Jika tidak memiliki mental wirausaha, bisa dipastikan pebisnis itu akan putus asa dan gulung tikar.

Kedua, Berbisnis yang halal, mulai dari modal, proses dan penjualan.
Modal usaha sangat penting, tapi harus didapat dengan cara yang baik dan tidak curang. Proses dalam berbisnis pun harus dijalankan dengan cara yang baik pula, jujur, tidak melakukan monopoli, dan tidak curang. Pada dasarnya jika berbuat kecurangan imbasnya kembali pada diri sendiri. Selain itu yang tidak kalah penting adalah barang yang diperjualbelikan itu barang yang halal, baik dan tidak membahayakan tubuh manusia.

Ketiga, Pebisnis harus kreatif mencari dan menciptakan peluang, meningkatkan produktivitas dan efisien melalui promosi yang masif.
Promosi disini bisa berupa pembuatan iklan kreatif yang dipublikasikan baik di media elektronik maupun media cetak. Pada era kekinian, promosi dapat dilakukan dengan mudah, bisa melalui media sosial yang tentunya telah memiliki banyak pengikut atau follower dengan cakupan penyebaran wilayah yang luas menjangkau berbagai belahan dunia. Dengan promosi ini calon konsumen dapat mengetahui kualitas, bentuk dan harga yang bersaing.

Keempat, Menjaga kepercayaan relasi bisnis.
Salah satu faktor penentu maju mundurnya usaha yang dilakukan, adalah dengan menjaga kepercayaan relasi bisnis.
Kepercayaan itu meliputi menjaga kualitas barang dan menepati pembayaran sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.
Cara yang digunakan untuk menjaga kepercayaan pelanggan adalah dengan memberikan servis yang baik dan memuaskan. Termasuk barang yang di jual, kualitasnya harus baik dan tidak cacat.

Kelima, Berbisnis barang kebutuhan dasar. Bisnis yang sangat menjanjikan ada di sektor barang kebutuhan pokok atau dasar. Barang kebutuhan dasar akan selalu dicari dan diperlukan oleh seluruh lapisan masyarakat, dikarenakan produk ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.
Yakinlah, bahwa masyarakat akan memerlukan barang tersebut, maka akan selalu ada permintaan untuk membeli barang tersebut. Tingginya permintaan akan membuat barang kebutuhan primer tersebut cepat laku terjual.

Barang kebutuhan dasar meliputi makanan, minuman, pakaian, alat kesehatan dan kebersihan lingkungan. Jenis barang-barang ini merupakan komoditas yang prospektif untuk menjadi lahan bisnis anda.

Keenam, Menggunakan teknologi informasi dalam berbisnis.
Dewasa ini masyarakat sudah mulai terbiasa terhubung dengan dunia digital internet.
Apalagi dengan adanya wabah corona, masyarakat harus membatasi geraknya di luar rumah. Dengan adanya pelayanan belanja online, maka masyarakat akan sangat terbantu, dimana ini merupakan kesempatan pebisnis untuk melayani dan menarik konsumen sebanyak-banyaknya.

Itulah sebagian kiat-kiat yang bisa penulis sampaikan. Ada baiknya para pebisnis, terutama pebisnis pemula mencoba kiat-kiat sukses bisnis di atas. Dengan itu diharapkan bisnis yang dijalankan tetap survive walaupun diguncang pandemi corona yang belum berakhir ini. Semoga bermanfaat.


Penulis : Pijariani Mutiara Putri
(Mahasiswi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Jambi)