bagikan
Tim Audit Investigasi Inspektorat kabupaten Tebo melakukan koscek kondisi ponton milik Bumdes di dusun olak bandung desa Tuo Sumay, Rabu (14/42021)/ foto JOS

JambiOtoritas.com, TEBO – Menelusuri persoalan Bumdes bersatu untuk maju (BUM) desa Tuo Sumay, tim audit investigasi Inspektorat turun ke lokasi di desa itu, Rabu ( 14/4/2021). Dari informasi yang diterima, tim inspektorat kabupaten Tebo melihat langsung dermaga penyeberangan yang dibangun Bumdes, infrastruktur jalan menuju dermaga penyeberangan yang dibangun dengan Anggaran Bumdes dan ponton yang kini tak lagi beroperasi di dusun olak bandung.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejak setahun terakhir nasib usaha Bumdes BUM tidak lagi beroperasi. Kondisi ponton bekas yang dibeli dengan anggaran DD TA 2018 senilai lebih dari 150 juta rupiah tidak terawat. Sedangkan infrastruktur pendukung jalan yang dibangun dengan anggaran DD dengan total lebih dari 400 juta telah hancur.

Sayangnya, upaya konfirmasi kepada pihak Inspektorat (Irbansus) belum berhasil dijumpai. Irbansus. Evi Hanifah, SH yang berusaha dijumpai di kantornya tidak berada ditempat. ” Tadi kelihatan ada, kayak sekarang sedang keluar, ” ujar staf dikantor itu, Rabu (14/4) siang.

Sementara itu kepala desa Tuo Sumay, Hazri dihuhungi via selulernya membenarkan kedatangan tim inspektorat. Menurut dia, tim turun mengecek kondisi usaha penyeberangan dan ponton milik Bumdes BUM. Mereka juga didampingi mantan Kades Tuo Sumay, Mas Fuad, pengurus Bumdes yakni ketua dan bendaranya.

” Iya benar, ada tim Inspektorat kabupaten Tebo ke desa kami. Mereka turun dalam rangka melakukan audit anggaran penyertaan modal Dana Desa untuk Bumdes,” ucapnya singkat. (JOS)

Penulis : David Asmara