bagikan
Ketua koperasi Neo Mitra Usaha Rimbo bujang, Wahyu Murtono memaparkan konsep dan tujuan didirikan unit usaha Neo Food court sebagai alternatif pusat kuliner/foto JOS

JambiOtoritas.com, TEBO – Grand opening unit usaha Neo Food Court dijalan Pahlawan Rimbo Bujang resmi dilaunching, Rabu (14/4/2021). Camat Rimbo Bujang mewakili pemerintah kabupaten Tebo melakukan penggutingan pita tanda dibukanya unit usaha yang sejak setahun lalu sudah disiapkan manajemen koperasi Neo Mitra Usaha tersebut.

Ketua Koperasi Neo Mitra Usaha, Wahyu Murtono mengatakan bagian usaha ekonomi kreatif yang punya potensi ekonomi tinggi yang dapat dikembangkan dimana saja. Dampak covid sangat berpengaruh terhadap usaha yang dijalankan.

” Kami tidak mengurangi kemiskinan akan tetapi setidaknya kami dapat mengurangi penganguran didaerah yang kita cintai ini. Unit usaha ini menyerap lebih dari 50 Tenaga Kerja, dan menampung hasil olahan pelaku UKM dikabupaten tebo,” katanya.

Menurut Wahyu, gagasan didirikannya Neo Foodcourt sebenarnya sudah ada sejak Maret tahun lalu, namun sempat tertunda karena disebabkan oleh adanya penyebaran Covid-19. Termasuk bangunan, desain interior dan seluruh perlengkapan juga sudah siap sejak tahun lalu.

” Dekorasi Neo Foodcourt mencerminkan suasana gaya masa kini, memang khusus diciptakan untuk area makan dan minum yang hanya ada untuk sore hari sampai dengan malam hari saja, selain itu tempat ini juga sangat nyaman untuk sekedar nongkrong ataupun menghabiskan waktu minum kopi dan makan snack,” katanya.

Areanya cukup luas dan mampu menampung mulai dari 50 sampai dengan 100 pelanggan. Area parkir kendaraan juga disediakan bagi para pengunjung yang datang dengan membawa kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Dikatakan Wahyu Murtono bahwa tujuan didirikannya Neo Foodcourt adalah untuk mengangkat dan mengembangkan industri kreatif yang sedang berkembang terutama di bidang kuliner. Juga memberikan alternatif tempat yang nyaman untuk persinggahan di sore hari dan malam hari, tempat pertemuan dengan relasi, kerabat dan keluarga.

Kesempatan bermitra

Perbedaan lain yang dapat dilihat di sini adalah Neo Foodcourt menyediakan pelayanan hampir seperti cafe sehingga dapat dilayani dengan keramahan dan keunikan dari karakter setiap waiter-nya. Mereka menyebut pengunjung adalah “Food Lovers”.

Neo Foodcourt menyajikan berbagai macam menu makanan dan minuman dengan kualitas terbaik tetapi dengan harga yang terjangkau. Di sini para pengunjung akan menemukan berbagai menu lengkap yang dapat memenuhi kebutuhan dari sore hingga malam hari. Mulai dari hidangan pembuka hingga penutup, lalu juga para pecinta minuman cokelat dapat memuaskan seleranya di sini.

Pemilihan semua menu yang ada di sini sangat selektif karena harus memiliki nilai keunikan dan kreatif yang jarang ditemui di tempat lain, karena secara konsep Neo Foodcourt ingin memberikan konsep “murah, enak dan kenyang” sehingga dapat membuat pengunjung yang datang memiliki kepuasan setelah menikmati berbagai macam aneka keunikan makanan dan minumannya.

Selain itu Neo Foddcourt juga menyajikan makanan ringan (snack) siap saji yang bisa pengunjung beli disaat yang bersamaan sambil menikmati alunan musik ala café yang tersaji disana.

Neo Foodcourt juga membuka peluang kepada para Anggota Koperasi Neo Mitra Usaha yang memiliki usaha di bidang UMKM khususnya para produsen makanan ringan. Para anggota bisa menitipkan hasil olahan makanan ringannya (snack) di Neo Foodcourt dengan sistem bagi hasil keuntungan.

Sehingga, fungsi anggota selain sebagai penerima hasil usaha, mereka juga berperan sebagai produsen sekaligus konsumen di Neo Foodcourt. Bukan hanya untuk para anggota saja, bagi para pelaku UMKM lainnya juga diberikan kesempatan yang sama untuk dapat bermitra dengan Neo Foodcourt.

Harapannya dengan kemitraan tersebut, antara Neo Foodcourt dan pelaku UMKM dapat terus bersinergi agar sama-sama dapat maju dan bangkit memulihkan ekonomi yang sedang terpuruk di tengah pandemi ini.

Banyak pengunjung yang datang saat gelaran Grand Opening Neo Foodcourt. Bagi para penggemar kuliner, atau pembaca yang ingin tahu tentang cara baru menikmati kuliner bisa datang ke Neo Foodcourt mulai jam 4 sore sampai dengan jam 10 malam, khusus akhir pekan waktu buka sampai dengan jam 11 malam.

Dilain pihak, Camat Rimbo bujang, Richi Saputra mengatakan pemerintah kabupaten Tebo menyambut baik unit usaha Neo Mitra Usaha. Kami sampaikan atas apresiasi atas terselenggaranya Neo Food Court ini di Rimbo Bujang.

” Semua usaha tengah terganggu dimasa pandemi Covid ini. Diharapkan Neo Food Court ini bisa membantu ekonomi masyarakat rimbo bujang khususnya, dan kabupaten Tebo umumnya, ” kata Richi.

Selain dihadiri oleh para anggota koperasi itu sendiri, Grand Opening tersebut juga turut mengundang Bupati Tebo, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koperasi dan UKM Kabupaten Tebo, Camat Rimbo Bujang, Kapolsek Rimbo Bujang, Danramil Rimbo Bujang, Lurah Wirotho Agung, tokoh masyarakat serta beberapa rekanan bisnis Koperasi Neo Mitra Usaha. (JOS) ***