Mantan Kadiknas Tebo, Zulkipli : PKBM buat pernyataan sebelum ijazah di tandatangan

waktu baca 2 menit
Selasa, 10 Okt 2023 21:21 0 492 jambiotoritas

JambiOtoritas.com, TEBO – Mantan kepala dinas pendidikan nasional dan kebudayaan kabupaten Tebo Zulkipli menyatakan tanda tangan di ijazah paket B atas nama IH, diyakininya benar tandatangannya. Secara yuridis formal, kepala dinas karena jabatan maka secara ex officio, ijazah paket pendidikan non formal (Paket) ketika itu ditandangani oleh kepala dinas pendidikan.

” Ketika itu oleh pengurus PKBM ijazah paket dibawa kerumah, ya rasanya itu tanda tangan saya. Kalau tanda tangan itu ada keraguan kita bawa ke lab forensik di Palembang,” ucap Zulkipli, Selasa (10/10/2023) dijumpai diruang kerjanya di RSUD STS Tebo.

Baca Berita Terkaitnya :

Oknum Kades di Tengah Ilir Dilaporkan Perkara Pemalsuan Ijazah Paket

Menurut dia, sewaktu akan menandatangani ijazah paket tersebut terkadang memang ada kekhawatiran bagi kami menandatanganinya. Kami juga tidak menginginkan terjadinya perbuatan diluar ketentuan yang ada.

” Kami berkali -kali menghimbau
bahwa sebelum menandatangani berkas itu. PKBM kami minta membuat pernyataan bahwa yang bersangkutan benar – benar mengikuti proses sesuai aturan, ” kata dia.

Beberapa PKBM ada yang membuat pernyataan. Namun kalau ditanyakan terkait proses belajar yang bersangkutan, sebagai kepala dinas punya kewajiban sesuai aturan mengesahkan.

” Saya meyakini bahwa prosesnya sudah dijalankan. Sebagai kepala dinas, saya mengesahkan dengan menandatangani ijazah itu. Prosesnya mereka sudah mengikuti proses pendaftaran tetapi kalau mereka ikut belajar saya tidak mendetil sejauh itu, ” katanya. (JOS)

Editor : David Asmara

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA