Peringatan Harganas di Bungo, Momentum Perkuat Peranan Keluarga

waktu baca 3 menit
Rabu, 7 Agu 2019 00:38 0 108 jambiotoritas
Pelepasan burung merpati oleh sekda provinsi Jambi, M. Dianto, bupati bungo, Mashuri dan anggota DPR RI, Zulfikar Ahmad/ft. Ist.

Jambiotoritas.com, BUNGO –  Sekretaris Daerah, Provinsi Jambi, Drs. H. M. Dianto,M.Si pada peringatan hari keluarga nasional (Harganas) ke 26 tingkat provinsi Jambi di lapangan eks MTQ Serunai baru Kota Muara Bungo, kabupaten Bungo, Selasa (6/8/2019) menyatakan pentingnya peranan keluarga dalam membentuk generasi yang berkualitas untuk membangun bangsa Indonesia. 

Menurut Dianto,  hakekat dan makna keluarga dalam kehidupan adalah bagaimana memperkuat peranan keluarga sebagai tempat mendidik generasi muda yang cerdas, berakhlak mulia, dan berguna bagi bangsa.

” Peringatan Harganas ini dapat dijadikan sebagai bentuk kepedulian segenap komponen bangsa terhadap pentingnya peran dan kedudukan keluarga sebagai wahana untuk mendidik generasi penerus untuk pembangunan bangsa. Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang membentuk kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Dianto.

Ia mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Provinsi Jambi pada puncak Harganas yang dilaksanakan di Kalimantan Selatan tanggal 6 Juni 2019, berhasil menerima penghargaan yang diberikan kepada  Bupati Merangin, Bupati Bungon, serta Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bungo dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Batanghari. 

” Prestasi tersebut semoga bisa dijadikan momentum untuk memperbaharui tekad dan memperkuat pembangunan keluarga, serta mempercayakan peran perempuan di dalam membangun keluarga. Saya mengajak seluruh masyarakat Provinsi Jambi, mari kita menggunakan momentum kali ini untuk menguatkan jadi diri kita yang berada dalam struktur masyarakat yang  santun dan damai, penduduk yang terjalin  kebersamaan yang didasari oleh semangat kekeluargaan,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Bungo, H.Mashuri menyatakan peringatan Harganas ini memiliki arti penting untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga Indonesia. Keluarga memiliki fungsi strategis dalam membekali nilai-nilai kehidupan bagi anak-anak untuk tumbuh dan berkembang. 

” Nilai-nilai yang diajarkan dalam keluarga tersebut merupakan nilai-nilai agama, nilai sosial dan budi pekerti, dengan demikian akan tercipta kehidupan keluarga yang harmonis dan sejahtera, keluarga yang sejahtera akan sangat menentukan kualitas masyarakat bangsa dan negara. Untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga diperlukan komitmen yg kuat antara pemangku kepentingan dan pihak terkait serta peranan masyarakat,” jelas Mashuri.

Dalam kesempatan tersebut, pejabat BKKBN Republik Indonesia, drg. Widwiono, M.Kes menyampaikan pentingnya  keluarga sebagai lingkungan pertama pembentuk pertama kepribadian anak. Peringatan Hari Keluarga Nasional merupakan ajang untuk menggelorakan dan mensosialisasikan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang berkarakter dan sejahtera. Menurut Widwiono, keluarga sebagai soko guru bangsa, keluarga sebagai wadah utama dan pertama dalam membina anak-anak.

” Peringatan Harganas dimaksudkan untuk mengingatkan pada seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara. Keluarga akan selalu menghidupkan, memelihara, dan memantapkan serta mengarahkan kekuatan tersebut sebagai perisai dalam menghadapi persoalan yang terjadi,” jelas Widwiono. (red JOS)

Editor : David Asmara

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA