ISPU Kota Tebo Level Kuning, Berdampak Bagi Penderita Asma

waktu baca 2 menit
Jumat, 23 Agu 2019 15:54 0 134 jambiotoritas
Salah satu sudut kota Jambi yang terpapar kabut asap akibat Karhutla dalam beberapa pekan terakhir/ft. Jambi otoritas

Jambiotoritas.com, TEBO – Kualitas udara dikota Muara Tebo kabupaten Tebo, provinsi Jambi terpantau sudah berada pada level kuning (tidak sehat). Tingkat Indeks Standar Pencemaran Udara ( ISPU) berada pada parameter matter (PM) kepekatan asap mencapai 10 mikron.

” Tingkat kepekatan asap partikuler matter 10 mikron, dampaknya bagi kesehatan dalam kategori tidak sehat  (level kuning). Dampak yang terasa adalah jarak pandang terukur dan terjadi sebaran debu,” kata kepala bidang penaatan, dinas lingkungan hidup kabupaten Tebo, Deriansyah, Jum’at (23/8/2019).

Dikatakan Deri, dalam sepekan terakhir ISPU dalam kota Muara Tebo masih berkisar pada angka 180 PM. Terhadap kualitas udara tersebut dampaknya dapat mempengaruhi penyakit asma dan Bronkitish.

” Kondisi ini sangat tidak sehat bagi penderita penyakit Asma dan Bronkitish. Pantauan ISPU, dalam sepekan masih ini berada pada kisaran 180 PM, artinya kualitas udara di Muara Tebo dalam kategori tidak sehat,” ucapnya.

Dinas lingkungan hidup Tebo, melakukan pemantauan setiap hari, hasilnya di update pada jam tiga sore, berlaku hingga 24 jam. Beberapa wilayah dalam wilayah kabupaten yang rawan Karhutla terpantau di Tebo tengah (Muara Tebo), Tebo Ilir, Tengah Ilir, Tujuh koto dan Tujuh koto Ilir. Sementara terpantau wilayah Tebo ulu yang paparan asap paling tinggi.

” Kira rutin melakukan pemantauan di Muara Tebo tapi wilayah yang paling tinggi terpapar asap terjadi diwilayah kecamatan Tebo ulu. Biasanya kondisi demikian dapat terlihat paparan atau ketebalan asap dapat terlihat diwaktu pagi hari,” katanya.

Penulis : David Asmara

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA