Kades Tuo Ilir : ” Dana itu Masih ada sisanya dan tidak semua dihabiskan, itukan akan disilvakan”

waktu baca 2 menit
Minggu, 21 Mei 2023 17:51 0 525 jambiotoritas

JambiOtoritas.com, TEBO – Tudingan ketidak transfaranan pengelolaan dana desa (DD) ketahanan pangan khusus untuk nabati dan hewani tahun anggaran 2023 dibantah kepala desa Tuo Ilir kecamatan Tebo Ilir, Eli. Menurut Eli, Khusus ketahanan pangan hewani desa Tuo Ilir menganggarkan belanja pengadaan kerbau Rp. 157.500.000, dan setelah dipotong pajak, anggaran yang dibelanjakan senilai Rp. 137.000.000, tidak seperti yang dilaporkan oleh oknum masyarakat itu.


Baca beritanya : Masyarakat Tuo Ilir Tuding Pemdes Tidak Transparan Terkait Belanja Kerbau

Dia mensinyalir ada oknum – oknum masyarakat tersebut sengaja ingin mencari – cara untuk menjatuhkan dirinya. Asal ceritanya itu, bahwa ada satu dusun yang tidak sependapat dengan program pengembangan biakan kerbau di desanya. Dengan alasan paceklik atau cuaca yang sedang tidak bagus. Mereka minta jatah dusun mereka dialihkan ke progran yang lain saja, tetapi dengan jatah kerbau itu, diuangkan saja.

” Saya tegaskan bahwa anggaran ketahanan pangan tidak bisa dirubah, karena memang sudah dianggarkan sejak tahun 2022. Ada satu dusun yang menolak program pengembangbiakan kerbau ini. Apa yang disampaikan bahwa tidak ada rapat musyawarah, itu dak benar sama sekali, kita sudah lalui itu, ” ujarnya.

Harga kerbau itu harganya bervariasi 11, 13 dan 14 juta, setelah itu kami ada biaya yang dikeluarkan, seperti pakan dan transport ke lokasi (lancar tiang, red). ” Masalahnya kenapa tidak bertanya langsung dengan saya. Dana itu Masih ada sisanya dan tidak semua dihabiskan, itukan akan disilvakan,” kata Eli, Minggu (21/5/2023) petang.

Jadi kembali saya tegaskan, bahwa kerbau sudah diserahkan ke kelompok masyarakat, pada Jum’at (19/5/2023). Tidak ada penolakan masyarakat seperti yang disampaikan oknum masyarakat, bohong itu. Mereka itu memang tukang bikin gaduh.

” Saya sudah berkoordinasi dengan pak camat. Mereka akan dipanggil biar dapat penjelasan tentang pelaksanaan program ketahanan pangan itu. Tidak boleh dana itu dialihkan ke kegiatan lain,” katanya.(JOS)

Penulis : David Asmara

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA