Mencuat Soal Konflik Lahan, Plang Spanduk Klaim Kepemilikan Tanah di Lahan Kebun Inti PT. Megasawindo Perkasa

waktu baca 2 menit
Rabu, 13 Des 2023 22:33 0 240 jambiotoritas

JambiOtoritas.com, TEBO – Klaim kepemilikan lahan oleh masyarakat desa Aburan Batanga Tebo kembali mencuat. Saat ini telah berdiri plang yang mengatasnamakan masyarakat yang terpampang larangan terhadap perusahaan PT. Megasawindo perkasa II agar tidak melakukan aktivitas di atas lahan yang dimaksud. Tertulis luas lahan 32 hektar yang diklaim berdasarkan surat keterangan tanah (SKT) yang terbit pada tahun 1997/1998.

Manajemen PT. Megasawindo perkasa II yang dikonfirmasi belum memberikan penjelasan terkait klaim lahan seluas 800 Meter x 400 Meter (32 Ha) di area perkebunan kelapa sawit (lahan inti) tersebut. Sayangnya, ketika hendak dikonfirmasi pimpinan PT. Megasawindo perkasa II, Amin tidak berada di tempat.

Sementara itu, kepala desa Aburan Batang Tebo, Tarmizi mengungkapkan bahwa pemerintah desa akan melakukan pemanggilan pihak yang memasang plang klaim lahan itu. Menurut dia, sudah banyak warga desa ABT yang mempertanyakan plang yang mengatasnamakan masyarakat desa Aburan Batang Tebo itu.

” Kami akan panggil pihak yang memasang plang atas nama masyarakat desa Aburan tersebut. Karena yang memasang plang itu bukan warga desa Aburan Batang Tebo. Mereka bertempat tinggal di Kuamang Kuning,” kata dia, Rabu (13/12/2023)

Dikatakannya, sudah banyak warga yang bertanya – tanya, siapa sebenarnya yang mengatasnamakan masyarakat Desa ABT itu. Secara hukum perdata, mereka bisa bisa mengajukan Gugatan terhadap perusahaan PT. Megasawindo ke pengadilan untuk memperjuangkan hak – hak mereka.

” Surat resmi sudah saya kirim ke pihak yang memasang plang. Saya meminta nanti supaya plangnya dicabut. Nanti saya sarankan mereka melakukan gugatan hukum untuk menentukan kepastian hak kepemilikan lahan yang diklaim itu,” katanya. (JOS)

Penulis : David Asmara

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA