Keberatan dengan Putusan Sidang, Afsir Pastikan Banding

waktu baca 2 menit
Selasa, 13 Jun 2023 06:57 0 887 jambiotoritas

JambiOtoritas.com, TEBO – Afsir, warga Desa Teluk Langkap Kecamatan Sumay Kabupaten Tebo, memastikan akan melakukan banding terhadap putusan pengadilan negeri tebo nomor 29/PDT.G/2022/PN Mrt dalam gugatan sidang perdata sengketa lahan yang menempatkannya sebagai tergugat 1.

“Saya menyatakan keberatan dengan putusan Pengadilan Negeri Muara Tebo, dan saya memastikan melakukan banding, ” ujar Afsir.

Dijelaskan Afsir, kenapa dirinya merasa keberatan dengan putusan sidang ini karena dirinya mendapatkan beberapa kejanggalan atau ketidaksesuaian selama proses sidang berlangsung.

“Ado beberapa hal yang janggal menurut saya, salah satunya yang nampak, pak Hakim terkesan berpihak ke penggugat, saat saksi ditanya hakim, yg jawab orang lain, dan diterima saja, harusnya kan siapa yang ditanya itu yang mesti jawab, bukan orang lain,” ungkapnya.

Diterangkan Afsir lagi, beberapa kejanggalan lainnya adalah seperti adanya aksi yg dihadirkan tidak sesuai dengan objek yang disengketakan, selanjutnya waktu PS, majelis hakim lebih mendengarkan keterangan ketua koperasi dan menerima saja informasi yang salah tanpa melakukan kroscek ke pihak lainnya seperti dirinya.

Termasuk juga saat ini sawit yang berada di lahan yang disengketakan sudah dipanen oleh koperasi padahal putusan belum inkrah. Serta objek sengketa Tidak dicek semua oleh majelis hakim saat PS.

“Saya disini hanya ingin mencari keadilan, karena memang tanah itu punya saya, dan saya merasa tidak pernah memperjual belikannya, bagaimana bisa diklaim oleh penggugat kalau itu tanah dia,” sebutnya lagi.

Untuk diketahui, dalam putusan perkara ini, majelis hakim yang diketuai oleh Diah Astuti Miftafiatun SH, MH dan hakim anggota Julian Leonardo Marbun SH serta Lady Arianita SH mengabulkan gugatan penggugat untuk seluruhnya, menyatakan bahwa objek yang disengketakan adalah milik penggugat, menyatakan tergugat 1 melakukan perbuatan melawan hukum, mengembalikan kepada tergugat 2 dan 3 untuk melakukan aktivitas perkebunan dibatas tanah milik penggugat untuk dikelola sesuai dengan ketentuan yang telah diatur dan menghukuk tergugat membayar biaya perkara sejumlah Tiga Juta Seratus Ribu Rupiah. (JOS)

Penulis : Hamdi Lassepa

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA