Hati-Hati! Modus Penipuan Via WA Catut Foto FB Marak

waktu baca 2 menit
Sabtu, 2 Mei 2020 01:20 0 640 jambiotoritas
Screenshot nomor WA yang mencatut gambar profil akun FB yang digunakan pelaku melakukan transaksi penipuan/foto Ist

JambiOtoritas.com, BUNGO – Masyarakat yang melakukan bisnis online mengalami penipuan. Pelaku penipuan melakukan aksinya dengan mencatut foto profil Fecebook seseorang tanpa diketahui pemilik akun sebenarnya, kemudian untuk memancing korbannya melakukan transaksi online.

Hal ini terjadi terhadap korban Hairy warga dusun Bangunharjo kecamatan pelepat ilir kabupaten Bungo. Korban yang merasa kenal baik dengan foto yang dipasang pada profil WA pelaku menjadi percaya bahwa yang melakukan order memang konsumennya dan memang kenal baik dengan orang dalam foto profil pelaku itu.

” Pertama pesan minuman, terus minta kirim pulsa 100 ribu ke nomor yang diminta. Kemudian minta kirim pulsa lagi 100 ribu ke nomor yang lain. Pulsa pertama sudah dikirim,” katanya, Jum’at (1/5/2020) malam.

Karena merasa kenal baik, dengan poto profil dinomor WA pelaku. Awalnya korban tidak merasa curiga. Tapi setelah minta pulsa kedua, korbanpun mulai curiga dan mendatangi orang yang difoto tersebut. Dan setelah dijumpai ternyata orang yang dimaksud tidak pernah memesan makanan ataupun meminta pulsa.

” Minta pulsa yang kedua belum saya kirim. Makanya saya mau ketemu dulu untuk memastikan kebenarannya. Ternyata saya telah tertipu,” katanya sedih.

Pantauan JambiOtoritas nomor Whatsapp pelaku beberapa saat mengganti foto profilnya dengan foto orang lain. Diinformasikan bahwa nomor yang digunakan pelaku adalah 0878 6050 8298. Diminta kepada masyarakat agar lebih waspada dengan menkonfirmasi terlebih dahulu agar tidak menjadi korban penipuan dengan modus mencatut foto diakun FBnya. (red JOS)

Penulis : David

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA