Dewan Tebo Minta Anggaran COVID Tepat Sasaran

waktu baca 2 menit
Rabu, 3 Jun 2020 21:57 0 218 jambiotoritas
Tim Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Tebo mengikuti RDP dengan DPRD Tebo, Rabu (3/6/2020)/foto JOS

JambiOtoritas.com, TEBO – DPRD mengundang Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 kabupaten Tebo melakukan rapat dengar pendapat mengenai realisasi belanja anggaran refocussing APBD dalam pelaksanaan penanganan COVID -19 dikabupaten Tebo, Rabu (3/6/2020). Dewan sekaligus mempertanyakan kesiapan implementasi New Normal.

Sejumlah anggota DPRD Tebo meminta TGT lebih transfaran dalam penggunaan dana COVID-19. Dan agar lebih difokuskan di bidang kesehatan dan jaring pengaman sosial untuk mengatasi dampak ekonomi yang dialami masyarakat.

” Untuk apa dana banyak tapi tidak digunakan, jangan sampai menjadi silva demi untuk pekerjaan proyek tahun yang akan datang. Habiskan saja semua anggaran untuk penanganan COVID ini, jangan berfikir yang lain,” kata wakil ketua II DPRD Tebo, Syamsu Rizal.

Syamsu Rizal meminta pemerintah kabupaten Tebo dan gugus tugas membelanjakan anggaran yang sudah ada tersebut. TGT mesti lebih memfokuskan untuk membantu masyarakat yang terdampak secara ekonomi dan kesehatannya.

” Tetapi harus dengan data yang benar sesuai by name by addres, jangan ada tumpang tindih dengan program bantuan yang lain,” ucapnya.

Sementara itu, menghadapi New normal yang diberlakukan dalam pandemi COVID saat ini. Wakil ketua I DPRD, Aivandri, AB mengusulkan TGT dapat melakukan rapid test massal dimasyarakat, melalui puskesmas untuk mengetahui ada yang kena atau tidak.

Dia juga menyatakan agar lebih memfokuskan bantuan Jaring pengaman sosial (JPS) kepada para petani karet. ” Kami minta dicarikan formulasinya. Agar mereka dapat dibantu meringankan kondisi ekonominya yang dirasakan,” kata Aivan.

Selain itu, kata dia, TGT melakukan sosialisasi social distancing ke masyarakat (menjaga jarak dan pemakaian masker) dan pelaksanaan New Normal. Karena masyarakat tidak tahu dan tabu tentang COVID ini. Pemberian hand sanitizer ke masyarakat, sambil menyiapkan sarana dan prasarananya menuju new normal.(red JOS)

Penulis : David

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA