Fachrori : kita sudah bisa melakukan uji SWAB mandiri di laboratorium BPOM

waktu baca 3 menit
Kamis, 25 Jun 2020 23:36 0 100 jambiotoritas
Fachrori Umar tinjau laboratorium BPOM Jambi dalam rangka kesiapan uji Swab/PCR Mandiri provinsi Jambi,Kamis (25/6/2020)/foto Ist

Tingkatkan Kesiapan Penanganan Covid-19, Provinsi Jambi Bersinergi Adakan Uji SWAB Metode PCR



JambiOtoritas.com, JAMBI – Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum, mengemukakan, guna lebih meningkatkan kesiapan dalam melakukan penanganan covid-19, Provinsi Jambi bersinergi untuk mengadakan uji SWAB mandiri melalui metode PCR. Hal tersebut dikemukakan Fachrori usai meninjau secara langsung kesiapan tempat uji swab mandiri di Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Jambi, Kamis (25/6/2020).

“Uji SWAB mandiri ini adalah tindak lanjut dari penandatanganan Naskah Sinergitas Kerja antara Pemerintah Provinsi Jambi, Pemerintah Kota Jambi, Universitas Jambi, Balai Pengawas Obat dan Makanan Jambi dan Ikatan Dokter Indonesia Wilayah Jambi pada tanggal 01 Juni 2020 di ruang kerja Gubernur Jambi, Kantor Gubernur Jambi,” ujar Fachrori.

“Ini merupakan salah satu bentuk komitmen dari Pemerintah Provinsi Jambi dalam rangka penanganan covid-19 di Provinsi Jambi. Sinergi ini menunjukkan semangat dan komitmen Provinsi Jambi untuk terus meningkatkan kesiapan dalam melakukan penanganan covid-19,” tambah Fachrori.

Dikatakan Gubernur Fachrori, selama ini Provinsi Jambi selalu mengirimkan sampel ke Pusat dalam melakukan uji SWAB dan membutuhkan yang cukup lama untuk mengetahui hasilnya, dengan adanya uji SWAB mandiri ini yang akan dilakukan di laboratorium BPOM Provinsi Jambi tentu lebih mempercepat dalam pemeriksaan dan mengetahui hasilnya, tanpa perlu mengirim sampel ke Pusat dan menunggu hasilnya keluar.

“Jadi, mulai minggu depan kita sudah bisa melakukan uji SWAB mandiri di laboratorium BPOM Provinsi Jambi tanpa harus mengirimkan sampel ke pusat dan bisa lebih cepat mengetahui hasil dari uji SWAB tersebut tanpa menunggu hasil dari pusat. Laboratorium BPOM Provinsi Jambi sendiri juga telah mendapatkan register dari pusat sebagai laboratorium yang bisa melakukan tes untuk covid-19,”jelas Fachrori.

Fachrori menambahkan, berdasarkan naskah sinergitas kerja, masing masing pihak memberikan kontribusi dalam uji SWAB mandiri melalui PCR ini, misalnya Pemerintah Provinsi Jambi berkontribusi dalam pembiayaan dan penyediaan sumber daya manusia, yang mana Pemerintah Provinsi Jambi telah memberikan pelatihan kepada petugas untuk melakukan uji SWAB mandiri.

“Alhamdulillah, uji SWAB mandiri melalui PCR ini telah dilakukan uji coba kepada 30 orang dengan hasil negatif dan ini membuktikan bahwa kita siap untuk melakukan uji SWAB mandiri. Untuk hasilnya bisa langsung diketahui dalam satu hari kemudian langsung dilaporkan secara online kepada Pemerintah Pusat melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jambi untuk diverifikasi dan diumumkan sesuai prosedur,” tutur Fachrori.

Sementara itu dilain pihak, kepala BPOM Provinsi Jambi, Drs.Antoni Asdi,M.Farm mengatakan, laboratorium BPOM Provinsi Jambi telah mendapatkan register untuk melakukan uji SWAB mandiri dengan nomor register 160.

“Kita juga telah melakukan uji coba SWAB kepada petugas dan struktural BPOM Provinsi Jambi sekitar 30 sampel dengan hasil negatif. Ini membuktikan bahwa kita telah melakukan uji coba yang baik dan mudah mudahan hari senin sudah bisa melakukan uji SWAB mandiri,” kata Antoni.

“Hasil dari uji SWAB ini langsung bisa diketahui dalam waktu 1 hari, misal hari ini kita ambil sampel maka besok sudah keluar hasilnya. Dalam hal ini, BPOM Provinsi Jambi hanya memiliki kewenangan untuk melakukan test sesuai dengan prosedur, untuk hasilnya tetap diumumkan oleh Pemerintah Pusat kemudian baru Pemerintah Daerah yang mengumumkan,” lanjut Antoni.

Antoni menambahkan, dengan alat yang ada saat ini, laboratorium BPOM Provinsi Jambi dalam satu hari bisa melakukan uji SWAB untuk 80 orang dan harapan kedepannya bisa lebih dari 80 orang, tentu dengan adanya sinergitas dari pihak pihak yang telah menandatangani nasakah sinergitas kerja. (red JOS)***

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA