bagikan
Ketua DPRD Tebo, Mazlan, S. Kom/foto JOS

JambiOtoritas.com, TEBO – Ketua DPRD Tebo menyarankan Pemerintah kabupaten Tebo harus mempersiapkan alokasi anggaran menyangkut pelayanan bagi masyarakat banyak. Hal itu disampaikannya menanggapi penghentian anggaran DAK dibidang kegiatan administrasi kependudukan dari pemerintah pusat. Sehingga beban anggaran itu nantinya akan ditanggung APBD murni.

Menurut Mazlan, pemerintahan daerah saat ini tidak tahu regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. Bagaimana juknis yang bakal diterapkan untuk daerah. Makanya, kalau itu terjadi diperlukan pembahasan kekurangan anggaran segera diperhitungkan rasionalisasi anggaran kegiatan di OPD.

” Kebutuhan anggaran itu akan dibuka pembahasannya di APBD murni. Kekurang – kekurangan yang terjadi nanti pasti akan disampaikan ke DPRD,” kata Mazlan, Selasa (21/9/2021) kantornya.

Menurutnya, pemerintah daerah mau tidak mau harus menyiapkan anggaran untuk pelayanan masyarakat. Soal kekurangan itulah yang harus DPRD pikirkan bersama tim TAPD mencarikan solusinya.

” Bisa saja nanti untuk menutupi kekurangan itu, bisa mencari dengan rasionalisasi anggaran dari kegiatan yang ada di OPD. Mana yang program belum layak bisa dialihkan, untuk kebutuhan pembelian tinta dan kegiatan operasional dukcapil,” katanya.(JOS)

Penulis : David Asmara