bagikan
Program kerja G to G jerman dibuka tahun 2021/foto Ist

JambiOtoritas.com, TEBO – Bidang Tenaga kerja dinas Perindagnaker kabupaten Tebo mencatat semenjak 2019, tercatat hingga februari 2021 data pencari kerja berada diangka 5225 orang. Angka pertambahan pencari kerja ini normalnya berada dikisaran 700 orang pertahun.

Menurut kepala bidang ketenagakerjaan disperindagnaker, Ali Bato, S.Ag menyatakan penambahan pencari kerja ini bisa saja meningkat ketika momentum penerimaan pegawai sipil negara dan baru – baru ini rencana penerimaan PPPK.

” Biasanya lonjakan terjadi antara dibulan Juli dan Agustus. Bidang Naker, data perkembangan keberhasilan Pencaker ini dapat diketahui dari pengembalian kartu kuning (pencari kerja) itulah yang kita Update datanya,” jelas Ali Bato, Kamis (30/9/2021)

Dikatakanya, selain itu yang menarik bagi pencari kerja di kabupaten Tebo. Dimasa pandemik saat ini bidang Naker tengah mensosialisasikan untuk program magang dalam rangka memenuhi syarat kerjasama Government to Government (G to G). Sebuah kerjasama yang dijalin pemerintah Indonesia dengan pemerintah negara Jerman.

” Rencananya tahun ini, ada kerjasama program G to G ke Jerman – kerjasama pemerintah negara Indonesia dengan negara di eropa. Jerman membuka peluang kerja sebagai perawat disana. Nantinya seleksi akan dilakukan balai latihan kerja provinsi Jambi. Bagi mereka yang lulus seleksi akan dilakukan pelatihan terutama pada fisik dan bahasa,” jelasnya.

Bagi masyarakat kabupaten Tebo yang berminat program ini, informasinya dapat diakses melalui, https://bit.ly/PaparanGtoGJerman atau dapat hubungi kontak person Whats App 085228849758. Sejauh ini informasi dari kementrian tenaga kerja ini, pihak Naker sudah sosialisasikan ke desa – desa seluruh kabupaten Tebo.

” Kalau berminat silahkan datang ke Perindagnaker bidang tenaga kerja. Untuk mendapatkan keterangan yang lebih detil lagi, ” kata Ali. (JOS)

Penulis : David Asmara