Temuan Disbunkannak Tebo, Jajanan Bakso Mengandung Bahan Borax

bagikan
Ilustrasi /ft. Net

Jambiotoritas.com, TEBO РPemeriksaan sampel jajanan olahan pangan dikabupaten Tebo positif mengandung borax. Kandungan bahan kimia berbahaya itu, menurut pihak dinas perkebunan, perikanan dan perternakan terdapat pada jajanan  bakso yang mereka ambil sampelnya pada awal September 2019 diseluruh kecamatan dalam kabupaten Tebo.

” Sampel- sampel makanan itu dikirin ke labor BPVET Bukit tinggi, sumatera barat dan labaoratorium di probinsi Jambi, hasilnya positif mengandung borax. Tetapi kandungannya masih relatif dalam tingkatan yang wajar,” kata kepala dinas Perkebunan Peternakan dan perikanan, melalui kepala seksi kesehatan masyarakat veteriner dan pengolahan produksi hasil peternakan, Hendri Sugestianto, Rabu (18/9/2019) di Muara Tebo.

Menurut Hendri, pemeriksaan sampel makanan dilakukan dengan membeli langsung dari pedagang. Sehingga bila pemeriksaan labornya positif. Dinas langsung berikan warning agar tidak mengulangi perbuatannya.

”  Pemeriksaan serupa kita lakukan secara berkala tiga bulan sekali. Para pedagang ini, kita warning agar tidak mengulangi perbuatannya lagi. Khusus pedagang bakso, dan pedagang – pedagang jajanan lainnya yang berkaitan dengan produk olahan ternak,” jelasnya. 

Dikatakannya bahwa biasanya bahan pengenyal (borak) digunakan sebagai pengawet. Karena bahan olahan pangan paling lama bertahan paling hanya dua hari saja. Atas temuan itu, pengakuan (pedagang) mereka ditawarkan pada proses penggilingan. Disamping itu juga kandungan borax banyak ditemukan pada jenis jajanan – jajanan anak – anak seperti bakso bakar, sosis dan lain – lain. (red JOS)

Penulis : David Asmara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *