bagikan
APIP yang turun kelokasi Bumdes dan dermaga ponton di desa Teriti terkait dugaan KKN anggaran Bumdes Bersatu untuk Maju desa Tuo Sumay senilai 350 juta dari Dana desa TA 2018/foto dok JOS

JambiOtoritas.com, TEBO – Aparatur pemeriksa internal pemerintah (APIP) melakukan pemeriksaan khusus terkait aduan pemerintah desa Tuo Sumay kecamatan Sumay kabupaten Tebo. Menurut Inspektur pembantu khusus (Irbansus), Evi Hanifah, SH di kantor Inspektorat kabupaten, menyatakan bahwa sedang berlangsung pemeriksaan mantan kepala desa Tuo Sumay, Mas Fuad.

” Kami melakukan audit berdasarkan permohonan audit kepala desa. Dia minta diaudit Bumdes, TKD. Kami sudah melakukan cek fisik Bumdesnya dan lokasinya, ” kata Evi Hanifah, Senin (19/4/2021)

Menurut dia, hari ini kita minta keterangan mantan kepala desa Mas Fuad dan bendaharanya. Sementara untuk manajemen Bumdes sudah selesai diminta keterangan ditahap pertama ini.

” Nanti kami akan terus meminta keterangan siapa yang terkait. Siapa yang dibutuhkan keterangannya, kami akan terus menggali lebih dalam lagi. Anggaran penyertaan modal dari Dana Desa (DD) sebesar 350 juta yang diserahkan ke Bumdes. Anggaran itu digunakan untuk pembelian ponton dan tanah dermaga di desa Teriti dan pembebasan lahan untuk jalan masuk menuju dermaganya,” ungkapnya.

Dikatakannya soal informasi lainnya, kami sedang mencari informasi kebenarannya sambil kita cari SPJnya tentang informasi penggunaan dana bantuan pemerintah provinsi. ” Kami juga sudah minta keterangan dari mantan PJs Kades Tuo Sumay. Tapi tidak ada penggunaan anggaran provinsi untuk Bumdes,” kata dia. (JOS)

Penulis : David Asmara