bagikan
DPD JOIN Tebo foto bersama unsur forkompincam Tebo tengah disesi workshop, Selasa (23/11/2021)/foto JOIN (JOS)

TEBO – Workshop jurnalistik bersama Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Kabupaten Tebo menuju Tebo Tengah Smart JOIN Tebo jalin sinergitas bersama Pemdes “cerdas di era digital”, Selasa, 23 November 2021, berlangsung sukses. Kegiatan yang bertempat di aula kantor Camat Tebo Tengah ini turut dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Tebo, Mazlan, S. Kom, Kadis Kominfo, Kakan Kesbangpol, pihak PMD, Camat Tebo Tengah dan para perangkatnya, Ketua DPW JOIN Provinsi Jambi, Ketua DPD JOIN Bungo, perwakilan Kejari, Danramil Tebo Tengah, Kapus Tebo Tengah, para Kades se-Kecamatan Tebo Tengah dan tamu undangan lainnya.

Dengan pemateri Ketua DPW JOIN Provinsi Jambi, Zakaria, kegiatan yang diinisiasi oleh JOIN Tebo di bawah pimpinan Amirul Muqminin bersama Pemerintah Kecamatan Tebo Tengah ini untuk menjalin silaturahmi dan kerjasama terkait pembangunan di Tebo Tengah melalui pemberitaan.

Ketua DPD JOIN Tebo, Amirul Muqminin dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan workshop jurnalistik tersebut bertujuan untuk bersilaturahmi dan bersinergi dengan Pemerintah Kecamatan Tebo Tengah. Kita juga membuka wawasan kepada para Kades dan Pemerintah Kecamatan Tebo Tengah agar lebih mengetahui apa itu dunia kejurnalistikan

Amirul juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan kegiatan jurnalistik ini.
“Terutama kepada Camat Tebo Tengah, Nurbadri, SH., MH berserta jajarannya yang telah memfasilitasi kegiatan workshop jurnalistik ini. Semoga Allah SWT membalas semua kebaikan beliau,” ucapnya.

Camat Tebo Tengah, Nurbadri, SH., MH mengatakan kegiatan workshop jurnalistik ini sejalan dengan gagasannya, yakni Tebo Tengah Smart. Melalui kegiatan ini kita bisa mengetahui apa itu tentang dunia kejurnalistikan dan bagaimana wartawan itu bekerja.

Ia sangat mendukung workshop jurnalistik tersebut, disamping membuka wawasan tentang kejurnalistikan, namun juga dapat terjalinnya tali silaturahmi hingga bersinergi dalam membangun Tebo Tengah melalui pemberitaan.

Membangun Tebo Tengah ini harus saling bersinergi semua pihak, tanpa itu semua, maka tidak akan tercapai yang namanya Tebo Tengah Smart,” katanya.

Ia pun sempat mengatakan, di dalam pemberitaan itu haruslah berimbang dan konfirmasi ke narasumber agar menghasilkan produk jurnalistik yang berkualitas. ” Dan juga media itu harus memberantas berita hoax yang dapat merugikan pihak-pihak yang diberitakan,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Tebo, Mazlan, S. Kom sangat mendukung sekali kegiatan yang diselenggarakan oleh DPD JOIN Tebo ini.

Ia berharap kedepan kegiatan ini dapat juga dilakukan di kecamatan-kecamatan yang lainnya dalam Kabupaten Tebo.

“Kegiatan seperti ini bagus sekali agar membuka wawasan kita terkait dunia kejurnalistikan. Jadi, bersinergilah dengan media untuk membangun Kabupaten Tebo pada umumnya dan di Tebo Tengah ini khususnya,” ujarnya.

Kemudian penyampaian materi oleh Ketua DPW JOIN Provinsi Jambi, Zakaria. Zakaria menjelaskan terkait dunia kejurnalistikan kepada para Kades-kades hingga tentang UU nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Wartawan itu harus bisa menulis berita dan berita yang sudah diterbitkan itu harus berimbang.

Oleh karena itu, lanjutnya, wartawan itu harus menjunjung tinggi kode etik jurnalistik. “Bukan semaunya saja, ada rambu-rambu yang harus dipatuhi. Jika rambu-rambu itu dipatuhi, maka barulah wartawan itu dikatakan profesional,” sambungnya.

Dia mengajak semua pihak untuk saling bersinergi dengan Media demi mencapai suatu kemajuan di suatu daerah agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

” Mari bersama kita membangun Tebo Tengah ini di dalam mempublikasikan kegiatan yang akan dikerjakan maupun yang sudah dikerjakan agar diketahui oleh masyarakat luas,” katanya.

Diakhir kegiatan, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh beberapa Kades dalam Kecamatan Tebo Tengah. Dan dengan santai pula, Zakaria menjawab pertanyaan dari para Kades tersebut.

Kades Mangun Jayo, Ihsan saat menyambut baik dengan kegiatan workshop jurnalistik yang diselenggarakan oleh DPD JOIN Tebo ini.

“Alhamdulillah dengan sinergitas ini kita bisa saling bekerjasama membangun Tebo Tengah dengan Media. Kita juga jadi mengetahui apa itu tentang dunia kejurnalistikan,” katanya. (JOS) ***