Ketua PMII Tebo : Studi Tiru Anggota BPD se-Tebo di Jogja Kurang Relevan

waktu baca 2 menit
Senin, 24 Jul 2023 22:24 0 716 jambiotoritas

JambiOtoritas.com, TEBO – Bimbingan Teknis (Bintek) dan Studi Tiru tentang, Strategi Pemerintah Desa Tentang Peningkatan Pendapatan Asli Desa (PADES), yang di lakukan di Jogja belum lama ini diikuti oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dikritik keras oleh Ketua PC PMII Tebo, Sapro Malisi.

“Apakah di Sumatra tidak ada desa percontohan untuk studi tiru”, kata Sapro Malisi saat dikonfirmasi via ponselnya, Senin (24/07/2023).

Menurutnya, tentunya studi tiru akan lebih efektif dilakukan di pulau Sumatra. Selain penghematan anggaran, tentu dengan kondisi kesamaan kultur, budaya, karakter, akan lebih relevan untuk diaplikasikan.

Seperti di Lampung ataupun Medan, tentu ada desa yang memiliki aturan atau pola peningkatan pendapatan desa yang baik. yang lebih relevan untuk diaplikasikan di Kabupaten Tebo.

“Tentu jika bicara BUMDES, diwilayahnya Sumatra tentu akan lebih mudah untuk di tiru,” ungkapnya.

Untuk itu, dia berharap agar Dana Desa (DD) dimanfaatkan dengan baik. Tidak untuk kegiatan yang kurang berdampak terhadap masyarakat.

“Harus berdampak lah ke masyarakat itukan uang negara,” tutupnya.

Diketahui, Kegiatan bimtek ini berisi tentang tatacara penyusunan peraturan desa, Produk Hukum Desa Lainnya Sesuai Dengan Peran BPD Dan Upaya Peningkatan Peran PKK Dalam Pembangunan Desa Serta Studi Tiru Ke Desa Percontohan.

Acara Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) TEBO bekerjasama dengan Balai Pemerintahan Desa Yogyakarta dan PT Zarasisie Jaya Utama. kegiatan ini dilakukan pada 06 hingga 09 Juli 2023, di Balai Pemerintahan Desa Yogyakarta itu. (JOS)

Penulis : Hamdi Lassepa

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA