Mendagri Minta Daerah Memperhatikan Pembangunan Perpustakaan

waktu baca 1 menit
Kamis, 14 Mar 2019 20:40 0 192 jambiotoritas
Mendagri, Tjahjo Kumolo bersama Gubernur Jambi, H. Fachrori Umar/ft.Ist

JAKARTA, jambiotoritas.com – Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo mengemukakan agar Pemerintah Daerah dan DPRD lebih memperhatikan pembangunan bidang perpustakaan, termasuk dalam penganggaran. Dia menyatakan pembangunan perpustakaan sangat penting sebagai upaya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). hal itu disampaikannya dalam rakor bersama seluruh gubernur se Indonesia di hotel Bidakara Jakarta, Kamis (14/3/2019).

Menurut Tjhajo, berdasarkan data yang ada, belum semua provinsi yang memiliki Perda tentang Perpustakaan dan baru 162 dari 514 kabupaten dan kota yang sudah memiliki Perda tentang perpustakaan. Dia menargetkan pada akhir tahun 2019, 314 kabupaten dan kota yang sudah memiliki Perda tentang Perpustakaan.

Sementara itu, kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando mengemukakan bahwa Perpustakaan Nasional bekerjasama dengan Perpustakaan Daerah dan seluruh pemangku kepentingan terus berusaha mendorong peningkatan minat baca masyarakat.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Mendagri, M.Syarif Bando menyatakan bahwa pembangunan perpustakaan juga dalam rangka pembangunan IPM Indonesia. “Perbedaan mendasar negara maju dengan negara terbelakang adalah kegemaran membaca,” ungkap M.Syarif Bando.(red. JOS)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA