bagikan
foto ilustrasi pengadaan komputer

TEBO, jambiotoritas.com – Pelantikan ratusan kepala sekolah yang baru saja dilakukan pada Selasa (9/4/2019) oleh Bupati Tebo, H. Sukandar diharapkan dapat memperbaiki kinerja dari kepala sekolah yang sudah pensiun sebelumnya. Menurutnya, pelantikan kepala sekolah TK, SD termasuk pelantikan kepala sekolah SMP beberapa waktu lalu, dapat mengatasi setiap persoalan yang muncul dan menjadi kendala dalam pelaksanaan UN dan UNBK tingkatSMP tahun 2019.

“ Dalam menghadapi Ujian Nasional dan UNBK ditingkat SMP tahun ajaran 2018/2019 pemerintah kabupaten Tebo berharap tidak ada lagi ditemukan permasalahan dilapangan. Mudah-mudahan dengan pelantikan kepala sekolah tingkat SMP beberapa waktu lalu dapat memperbaiki kinerja dari kepala sekolah yang sudah pensiun, selain adanya regenerasi di sekolah,” kata Sukandar, usai pelantikan ratusan kepala sekolah TK/SD sekabupaten Tebo, Selasa (9/4/2019) di aula utama kantor bupati Tebo.

Terkait kelengkapan sarana pendukung UNBK tingkat SMP semua daerah di Jambi menghadapi kendala tidak hanya kabupaten Tebo. Seperti misalnya gangguan PLN, mati lampu. Tetapi itu semua bisa diatasi hingga pelaksanaan UNBK tetap dapat berjalan lancar.

“ Terkait masih terasa kurangnya sarana dan prasarana pendukung ujian nasional ada tempat tertentu yang mendapat kendala. Saya kira kendala seperti itu, tidak hanya terjadi di Tebo tapi terjadi hampir seluruh propinsi Jambi.  Persolaan listrik yang mati, saya rasa itu bisa diatasi dan pelaksanaan UN tetap berjalan lancar. Sarana dan prasaran bisa diatasi oleh teman-teman dilapangan,” katanya.

Sementara itu pihak dinas pendidian dan kebudayaan kabupaten Tebo, Jambi menyatakan sudah mempersiapkan kelengkapan sarana dan prasarana sekolah yang belum memadai (komputer dan server) menghadapi UNBK di 39 sekolah SMP Negeri dan Swasta di kabupaten Tebo. Dinas pendidikan dan kebudayaan melalui APBD kabupaten Tebo telah membelanjakan 1,5 milyar untuk pengadaan 24 unit Komputer di tujuh sekolah beserta satu unit perangkat jaringan internet (server) yang dipasang di tiap sekolah.

“ Penyedianya sudah ada, dari pusat (toko metro data online), tinggal kita memastikan kesiapan pemasangan. Sesuai kesepakatannya sudah siap sebelum tanggal 22 April 2019) atau menjelang UNBK berlangsung,” kata kepala bidang pendidikan dasar Dikbud, Khoirul Akmal, Selasa (9/4/2019) dikantornya.(Red.01 JOS)