Proyek Embung Pelayang Teknis Bangunan Dirubah

waktu baca 2 menit
Selasa, 19 Nov 2019 18:49 0 325 jambiotoritas

Salah satu embung air yang dibangun dari anggaran kementrian desa dan PDT/ft. ilustrasi


Ajum : Bantuan embung desa Pelayang, sudah ada dalam daftar

Jambiotoritas.con, TEBO – Embung air yang bangun di desa Pelayang kecamatan Tebo tengah kabupaten provinsi Jambi, tahun 2018 lalu hingga saat ini belum dirasakan manfaatnya oleh masyarakat disana. Uniknya, tanpa usulan dari pihak desa bantuan dari kementrian desa, PDT dan Transmigrasi, desa Pelayang sudah ada didaftar penerima bantuan itu.

” Tiba – tiba dapat bantuan, kami tidak pernah mengajukan usulan. Kami diberitahu oleh pak Supono (Dinas PMD) dapat bantuan program pembangunan embung,” ungkap kepala desa Pelayang, Ajum dijumpai dikantor Bakeuda Tebo, Selasa (19/11/2019).

Menurutnya, semua perencanaan dan gambar kerja sudah ada dari kementrian. Kami hanya melaksanakan yang sudah ditentukan dari sana.

” Kami sampaikan ke orang kementrian, wilayah Pelayang tidak sama seperti wikayah pertanian di padang. Sawah ini tergantung dengan hujan, tidak ada sumber air untuk embung,” jelasnya.

Secara teknis, ketika mereka turun kelokasi ada perubahan material bangunan yang diganti. Berdasarkan RAB dinding embung seharusnya memakai batu gunung tapi diubah dengan cor beton. Perubahan dilakukan saat itu juga.

” Tetapi sesampainya mereka dilokasi, ada perubahan rencana teknis. Dari menggunakan batu gunung diubahlah menjadi cor beton. Orang itu awalnya khawatir roboh, saya yakinkan tidak akan roboh. Sekarang memang belum berfungsi,” katanya.

Makanya, rencana kami, kata Ajum, kolam embung ini akan kami jadikan kolam ikan. Sumber airnya akan diadakan mesin sedot air dari sungai Batanghari. (red JOS)

Penulis : David Asmara

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA